Sport

Wow, Ahsan/Hendra raih gelar Juara Dunia Badminton 2019 di Swiss

Senin, 26 Agustus 2019 | 04:49 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Wow, Ahsan/Hendra raih gelar Juara Dunia Badminton 2019 di Swiss

ILUSTRASI. Ganda putra Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, kembali berhasil mengharumkan nama Indonesia. Mereka meraih gelar Kejuaraan Dunia Badminton 2019 usai memenangkan pertandingan yang berlangsung di St Jakobshalle, Basel, Swiss.

Pada partai final yang berlangsung Minggu (25/8), pasangan dengan julukan The Daddies tersebut mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Melalui pertarungan berdurasi 1 jam 3 menit, unggulan keempat tersebut menang 25-23, 9-21, 21-15.

Ini merupakan kemenangan kedua Ahsan/Hendra atas lawannya yang merupakan unggulan ke-12 tersebut. Sebelumnya, Ahsan/Hendra juga menang atas Hoki/Kobayashi dalam pertemuan pertama mereka dalam ajang Indonesia Open 2019 pada awal bulan lalu.

Baca Juga: Inilah 8 turnamen eSports dengan total hadiah terbesar sepanjang sejarah

Lebih dari itu, hasil dalam final di Basel tersebut membuat Ahsan/Hendra untuk kali ketiga meraih gelar juara dunia. Dalam dua edisi sebelumnya, Ahsan/Hendra menjadi juara pada 2013 dan 2015.

Bahkan untuk Hendra, ini untuk kali keempat dia naik podium juara. Hendra untuk kali pertama menjadi kampiun ajang ini pada tahun 2007 ketika masih berpasangan dengan Markis Kido. Itu artinya, Hendra termasuk ganda putra paling sukses dalam Kejuaraan Dunia Badminton.

Dia menyamai presitasi pasangan China, Cai Yun/Fu Haifeng, yang empat kali jadi juara ajang tersebut (2006, 2009, 2010, 2011).

Baca Juga: 5 Pebulutangkis terkaya di dunia

Jalannya pertandingan Ahsan/Hendra, yang pada tahun ini sudah meraih beberapa gelar termasuk All England Open, lebih banyak tertinggal pada awal gim pertama. Meskipun demikian, mantan pasangan nomor satu dunia tersebut terus membuntuti Hoki/Kobayashi. Bahkan, Ahsan/Hendra sempat balik memimpin 7-5, sebelum disalip lagi oleh lawan untuk membuat skor menjadi 11-8 saat jeda interval.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Tag


Terbaru