HOME

Wow, Kim Jong Un habiskan Rp 6,8 miliar demi kuda jantan putih asal Rusia

Selasa, 18 Februari 2020 | 13:50 WIB Sumber: Kompas.com
Wow, Kim Jong Un habiskan Rp 6,8 miliar demi kuda jantan putih asal Rusia

ILUSTRASI. Kim Jong Un saat mengendari kuda putih kesayangannya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tampak sering menunggangi kuda jantan putih yang dibelinya langsung dari Rusia dalam beberapa dekade terakhir. 

Seperti dilansir dari Fox News, Kim telah menghabiskan kurang lebih US$ 500.000 atau setara dengan Rp 6,8 miliar. 

Berdasarkan catatan Reuters, tahun lalu, Korea Utara telah membayar US$ 75.509 atau setara Rp 1,03 miliar hanya untuk mengimpor belasan kuda-kuda ras murni Rusia. 

Baca Juga: Cara tangan besi Korea Utara tangani virus corona: Eksekusi mati dan diasingkan

Berdasarkan pantauan terakhir, Korea Utara juga telah melakukan pembelian kuda terbesar pada 2015. Pemerintah rezim Kim Jong Un ini membayar sebanyak US$ 192.204  atau setara Rp 2,6 miliar untuk 61 ekor kuda jantan. 

Korea Utara secara keseluruhan telah mengimpor setidaknya 138 ekor kuda jantan antara tahun 2010 sampai 2019 dan mengeluarkan biaya sebesar Rp 7,9 miliar. 

Pembelian tersebut masih berlanjut di tengah-tengah usaha Pyongyang melanjutkan bantuan sanksi atas program misil nuklir. 

Kim tertangkap kamera saat menunggangi seekor kuda jantan putih di hamparan padang salju di Pegunungan Suci Paektu. Fotonya beredar tahun lalu. 

Militer Senior Korea Utara pun turut menemani Kim melintasi tempat bersejarah perang dengan kuda mereka. Media negara tersebut sengaja memublikasikan foto Kim menunggangi kuda untuk menunjukkan "kekuatan". 

Baca Juga: Kim Jong Un sampaikan belasungkawa kepada China karena wabah virus corona

Foto itu juga dimaksudkan untuk menanam rasa percaya diri warga negara Korea Utara bahwa mereka memiliki seorang pemimpin yang kuat dan mampu memegang kuat atas kendali takdir. (Miranti Kencana Wirawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Habiskan Rp 6,8 Miliar demi Kuda Jantan Putih Asli Rusia".


Editor: Anna Suci


Terbaru