Internet

Wow, selebgram bisa raup puluhan juta rupiah dalam sekali endorse

Selasa, 25 Februari 2020 | 15:26 WIB Sumber: Kompas.com
Wow, selebgram bisa raup puluhan juta rupiah dalam sekali endorse

ILUSTRASI. Logo instagram. Dalam satu kali endrose, seorang influencer ternyata bisa meraup puluhan juta rupiah. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Media sosial bukan cuma menjadi tempat bersosialisasi. Kini, media sosial juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah, khususnya mereka yang memiliki akun dengan banyak pengikut (followers). 

Istilah influencer kini tak lagi asing di telinga pengguna media sosial. Influencer adalah mereka yang memanfaatkan banyaknya jumlah pengikut untuk mempromosikan sebuah merek (endorsement).  

Baca Juga: Belum punya agenda akhir pekan? Ada 4 festival di Jakarta yang bisa warga kunjungi

Dalam satu kali endrose, seorang influencer ternyata bisa meraup puluhan juta rupiah. Hal tersebut diungkapkan oleh Grady Esmond, Head of Business Development Platform Allstars.id. 

Allstars.id merupakan perusahaan yang mengumpulkan influencer di Indonesia. "Secara garis besar, mereka bisa meraup uang dengan jumlah yang fantastis dengan bermodalkan followers banyak saja. Mereka menjual konten," ungkap Grady. 

Grady mengatakan, ada beberapa kelas influencer bergantung dari jumlah pengikutnya. Pada tingkat paling bawah, ada nano influencer yang memiliki jumlah followers di bawah 10 ribu. Kemudian ada micro influencer dengan total pengikut mencapai 10 ribu hingga 100 ribu. 

Baca Juga: Fakta soal jastip yang bikin bea cukai geram, salah satunya langganan artis

Setelah micro, ada macro influencer dengan 100 ribu hingga 1 juta pengikut. Tingkat yang paling tinggi adalah mega influencer dengan total melebihi 1 juta followers. 

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru