Xiaomi dikabarkan tak lagi membuat ponsel Android One?

Senin, 10 Agustus 2020 | 15:48 WIB   Reporter: Handoyo
Xiaomi dikabarkan tak lagi membuat ponsel Android One?

ILUSTRASI. Ponsel android One. Foto: www.android.com


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Xiaomi beberapa kali menelurkan ponsel Android One dari seri Mi A dengan sistem operasi Android "polos" tanpa tambahan antarmuka custom. Terakhir, pabrikan China ini merilis lini Mi A3 pada Agustus 2019 lalu. 

Belakangan muncul kabar bahwa lini Mi A3 akan menjadi ponsel Android One terakhir Xiaomi. Penerusnya, Mi A4, tidak akan hadir karena Xiaomi konon sudah berhenti membuat smartphone Android One. Dugaan tersebut diperkuat dengan absennya bocoran mengenai Mi 4. 

Padahal, ponsel terdahulu sudah genap setahun lalu dirilis sehingga mestinya segera dilanjutkan dengan model baru, kalau memang memiliki penerus. Proyek Android One sendiri diinisiasi oleh Google pada 2014. 

Baca Juga: Harga HP Xiaomi terbaru bulan Agustus 2020, banyak pilihan HP 1 jutaan

Tujuannya menggandeng para pabrikan smartphone supaya merilis produk dengan harga terjangkau Ponsel-ponsel Android One menjalankan sistem operasi Android versi stock yang diperbarui secara rutin dan cepat, serta tidak dijejali bloatware alias aplikasi-aplikasi bawaan yang belum tentu berguna. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (10/8/2020), awalnya smartphone Android One menyasar segmen entry level, kemudian naik ke papan tengah. 

Baca Juga: Rekomendasi HP 1 jutaan terbaik bulan Agustus 2020, banyak diskon dari Samsung

Selain Xiaomi, pabrikan besar lain yang juga membuat ponsel Android One adalah Motorola dan Nokia. Motorola tahun ini sudah beralih menggunakan custom UI buatan sendiri yang bernama My Ux. Kalau Xiaomi memang benar berhenti membuat ponsel Android One, keberlanjutan program tersebut bisa dipertanyakan. 

Terlebih lagi, Google juga menawarkan perangkat-perangkat dari program Android Go yang harganya lebih murah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xiaomi Berhenti Bikin Ponsel Android One?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru