Gadget

Xiaomi patenkan desain ponsel dengan tujuh kamera pop-up

Sabtu, 18 Januari 2020 | 14:23 WIB Sumber: Kompas.com
Xiaomi patenkan desain ponsel dengan tujuh kamera pop-up

ILUSTRASI. Xiaomi Mi Note 10 Pro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kamera smartphone menunjukkan tren makin meningkat dari tahun ke tahun. Ke depan, bahkan modul "pop-up" yang tersembunyi di dalam bodi ponsel saat sedang tidak dipakai pun mungkin akan dijejali banyak kamera. Salah satu konsepnya sudah dipatenkan oleh Xiaomi. 

Pabrikan asal China ini merancang perangkat dengan modul pop-up yang diisi mulai dari dua hingga lima kamera belakang. Uniknya, seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (18/1/2020), dua buah kamera depan bisa ikut disematkan di bagian ini. Modul pop-up pun dapat berisi tujuh kamera yang terdiri dari lima kamera belakang dan dua kamera depan. 

Baca Juga: Mi Note 10 Pro mulai dijual di Mi Store Jabotabek berikut

Lantaran itu, dalam ilustrasi paten yang diajukan ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA) tersebut, bagian modul pop-up tampak melebar dan hampir memenuhi seluruh bagian atas ponsel. Belum jelas apakah sekian banyak kamera itu semuanya bakal berperan sebagai penangkap gambar, ataukah ada yang sebenarnya merupakan sensor khusus. 

Tentu, karena masih berupa paten, rancangan perangkat ini belum tentu akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi. Xiaomi merupakan salah satu pabrikan asal Negeri Panda yang sudah menerapkan kamera pop-up pada ponsel, yakni di seri Redmi K20/ Mi 9T. 

Baca Juga: Potong harga, Qualcomm menyulut perang harga cip smartphone 5G

Belakangan, para vendor kembali bereksperimen mencari cara baru untuk menyembunyikan kamera depan. Misalnya dengan menempatkannya di bawah layar seperti yang coba dilakukan oleh Oppo. (Conney Stephanie)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Xiaomi Patenkan Ponsel dengan Tujuh Kamera "Pop-up".

 

Editor: Wahyu Rahmawati


Terbaru