Yamaha melaju paling depan di pasar motor sport 150 CC

Kamis, 30 Juni 2011 | 08:58 WIB Sumber: Harian KONTAN, 30 Juni 2011
Yamaha melaju paling depan di pasar motor sport 150 CC

ILUSTRASI. Kawasan Tugu Muda Semarang, Jawa Tengah, Rabu (10/06/20). Cuaca besok di Jawa dan Bali: Bandung hujan, Semarang berawan.


Sejak meluncurkan Yamaha V-Ixion tahun 2007 lalu, pasar motor sport mulai bergairah. Desain dan ketangguhan Yamaha V-Ixion membuat konsumen puas dengan motor tersebut. Apalagi harganya yang cukup terjangkau di kantong konsumen berkisar Rp 21 juta sampai Rp 22 juta per unit. Saat ini V-Ixion menjadi raja di kelas sepeda motor sport 150 cc.

Indra Dwi Sunda, Public Relation & Corporate Communication Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, menjelaskan, saat ini Yamaha V-Ixion masih menjadi andalan Yamaha di segmen motor sport. Sebelumnya, Yamaha sudah memiliki Yamaha Scorpio dan yang terbaru adalah Yamaha Byson.

Sebagai catatan, saat ini Yamaha V-Ixion menjadi penguasa pasar motor sport kelas 150 cc di Tanah Air. Total penjualan V-Ixion sepanjang Januari-Mei 2011 telah mencapai 102.646 unit. "Saat ini kami menguasai 43,87% pangsa pasar motor sport kelas 150 cc," ungkap Indra.

Yamaha mengklaim bahwa peluncuran V-Ixion facelift berdasarkan berbagai macam pertimbangan, terutama peluang pasar motor sport yang terbuka lsangat ebar. Katanya pasar motor sport di Indonesia bisa dikatakan sedang naik daun. Terlebih lagi keinginan konsumen yang semakin beragam membuat pasar ini tumbuh dan berkembang seiring permintaan dan tren.

Yamaha mengklaim V-Ixion memiliki berbagai keunggulan, mulai dari segi desain dan bentuk yang lebih sporty. Sepeda motor ini juga memiliki diasil cylinder dan forged piston. Konon teknologi ini mengadopsi teknologi motor balap. "Kami juga berani memberi garansi mesin paling lama yakni sampai lima tahun," klaim Indra.

Selain itu, V-Ixion memasang injeksi dalam sistem pembakaran bahan bakar. Sistem injeksi dipercayai sanggup menghemat bahan bakar dan memudahkan dalam hal perawatan dibandingkan dengan sepeda motor sejenisnya yang masih menggunakan karburator.

Indra menyatakan, konsumen tak perlu mengkhawatirkan ketersediaan onderdil asli Yamaha. Lagi pula, jaringan bengkel resmi Yamaha memudahkan pemilik Yamaha V-Ixion dalam urusan perawatan kendaraan ini.

Belakangan Astra Honda Motor rupanya tertarik untuk menjual motor sport. Sebelumnya mereka sudah meluncurkan CBR 250 cc yang dibanderol dengan harga Rp 39 juta sampai Rp 46 juta per unit. Tidak puas menggempur kelas 250 cc yang dihuni Kawasaki Ninja, kini Honda juga siap menggempur pasar motor sport kelas 150 cc yang selama ini dihuni Yamaha V-Ixion.

Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Division Astra Honda Motor, menyatakan, dengan hadirnya varian motor sport Honda CBR 150 R, tentu saja konsumen bisa memiliki berbagai macam pilihan yang ditawarkan selain yang sudah ada di pasar saat ini. "Sekarang kami berusaha melengkapi masing-masing segmen," ujarnya.

Soal persaingan memang tak bisa dihindarkan. Yang jelas, Sigit yakin CBR 150 R bisa diterima konsumen lantaran banyak penggemar motor balap yang menyukai desain CBR 150 R. "Motor ini ada di Moto GP, sudah terkenal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru