Edukasi

Yuk! Cari tahu tips belajar di rumah yang menyenangkan untuk buah hati

Rabu, 01 Juli 2020 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Yuk! Cari tahu tips belajar di rumah yang menyenangkan untuk buah hati

ILUSTRASI. Ilustrasi pembelajaran daring selama pandemi Covid 19 dan tips belajar di rumah yang menyenangkan untuk si buah hati. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegiatan belajar di rumah menjadi alternatif pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, agar para siswa tidak tertinggal terlalu jauh. Terkadang anak-anak merasa bosan dengan suasana rumah yang itu-itu saja. Yuk gali lebih lanjut tips belajar di rumah yang menyenangkan untuk Anda dan buah hati.

Mengingat suasana rumah dengan sekolah sangat berbeda, tidak jarang anak-anak akan lebih cepat bosan saat belajar di rumah. Selain suasana yang berbanding terbalik, banyak gangguan yang harus dihadapi saat belajar di rumah dibandingkan di sekolah. Hal ini kerap membuat para orang tua pusing, terutama soal bagaimana cara agar anak-anak bisa betah dan fokus belajar.

Lalu, apa saja poin-poin penting agar si kecil betah untuk belajar di rumah? Berikut beberapa tips belajar di rumah yang menyenangkan, dan bisa diterapkan untuk putra-putri Anda.

Baca Juga: Hari ini PPDB online DKI Jakarta jalur prestasi dibuka siswa belum lolos silakan ikut

  • Pastikan tempat belajar buah hati Anda nyaman

Hal yang paling utama saat belajar tentunya ruangan/tempat belajar. Sebaiknya, buat suasana/ruang belajar anak Anda nyaman. Pastikan penerangan di ruangan tersebut cukup, sirkulasi udara yang baik dan bersih. 

  • Singkirkan semua barang dan hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan belajar

Tantangan dalam belajar, terlebih saat di rumah adalah gangguan. Hal ini bisa datang baik dari anggota keluarga, hewan peliharaan dan sebagainya. Simpan sementara semua mainan, gadget dan barang-barang yang sekiranya dapat mengganggu konsentrasi buah hati Anda. 

Mematikan TV dan radio juga dapat membantu anak-anak untuk lebih fokus belajar. Pastikan seluruh keluarga mematuhi jadwal belajar anak, untuk meminimalisir kebisingan. Taruh hewan peliharaan di kandang sementara waktu agar tidak “mengajak” main buah hati Anda, selama mereka belajar.

Baca Juga: Sistem PPDB DKI dikecam, orangtua murid adukan Kadisdik ke Ombudsman

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru