Yuk ke The Indonesia Coffee Expo 2018

Jumat, 02 Februari 2018 | 22:52 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Yuk ke The Indonesia Coffee Expo 2018

Suasana Indonesia Coffee Expo


KOPI - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik upaya Koperasi Komunitas Kopi Indonesia menggelar ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’, yang berlangsung di Blok M Square Jakarta Selatan, selama 2-4 Februari 2018.

Kegiatan coffee expo dalam rangka membuka cakrawala dan cara pandang para pengunjung dan peserta terhadap keanekaragaman per-kopian Indonesia serta potensi bisnisnya yang besar.

Arief Yahya menjelaskan, kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang mendunia, namun secara prestasi dunia masih menduduki nomor 4 setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam.

“Komoditas kopi harus dijadikan sebagai produk kreatif dan digabungkan dengan pariwisata yang sama-sama produk kreatif. Bangsa ini hanya bisa memenangkan persaingan di ekonomi kreatif? Kita relatif mudah memenangkan persaingan di pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (2/2).

Kemenpar menempatkan kopi bagian dari kuliner nusantara dan menjadikan sebagai minuman nasional. Untuk memenangkan persaingan kuliner dengan negara lain, Rendang jadi nomor satu.

Nah sebagai minuman nusantara, Kementerian Pariwisata sepakat menjadikan kopi sebagai minuman nasional dengan alasan setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopi masing-masing yang top

Ketua panitia penyelenggara acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’, Adji Gutomo mengatakan, potensi bisnis kopi Indonesia sangat besar dan bila didetailkan ada 15 nomenklatur bisnis.

Mulai dari penanaman, pengelolaan paska panen, penjualan kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuatan pakaian.

Penyelenggaraan acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ merupakan hasil kerjasama antara Koperasi Komunitas Kopi Indonesia sebagai penyelenggara utama, bermitra dengan Blok M Square Jakarta sebagai venue offline yang akan merintis menjadi Mall Kopi Indonesia, dan Tokopedia sebagai venue online para petani dan pengusaha kopi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru