Yuke: Dari domba hingga beras

Kamis, 05 September 2013 | 19:30 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 2 -- 8 September 2013
Yuke: Dari domba hingga beras

ILUSTRASI. Cara Detoks Tubuh Saat Berpuasa. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Kota kelahiran selalu mendatangkan ide bisnis bagi Yuke Sampurna. Setelah menggulirkan resto dengan menu andalan berbahan daging domba garut, Yuke (45), kini menggeluti bisnis beras garut.

Pemetik bas Dewa itu menyebut beras dagangannya berkualitas ekspor. “Seperti yang kita tahu, Jawa Barat, termasuk Garut, adalah daerah yang sangat cocok untuk padi. Jadi, beras yang dihasilkan sudah pasti bagus,” ujar dia.

Untuk memulai bisnis beras, Yuke berpaling pada sahabatnya yang bernama Andris. Karib Yuke ini memang berpengalaman memproduksi beras berkualitas ekspor. Yuke pun meminta Andris agar diperbolehkan ikut mencicipi bisnis perdagangan beras. “Orang tua Andris berpengalaman membina petani,” tutur  Yuke.

Beras yang dijual Yuke kini menyandang nama belakangnya, yakni Sampurna. Beras yang ditawarkan secara online itu dijual dalam kemasan berukuran 5 kg-25 kg. Yuke sengaja memilih kemasan berukuran mini, karena menyasar ibu-ibu muda di kota, yang tidak terlalu sering memasak. “Karena kesibukan, banyak keluarga yang waktu makan bersamanya hanya di malam hari. Jadi, banyak yang memilih beras dalam kemasan kecil,” jelasnya lagi.

Teman sesama musisi merupakan pasar pertama Yuke. Para koleganya itu yang lantas melakukan  promosi dari mulut ke mulut. “Dari situ, saya pernah menerima order hingga satu ton beras dalam waktu tiga minggu,” papar Yuke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru