Cara membuat kopi dalgona tanpa gula, dijamin lebih sehat

Senin, 20 Juli 2020 | 12:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membuat kopi dalgona tanpa gula, dijamin lebih sehat

ILUSTRASI. Cara membuat kopi dalgona bisa memakai pengganti gula agar lebih sehat.


RESEP MASAKAN - JAKARTA. Selama pandemi corona berlangsung, ada banyak orang yang mencoba resep baru. Salah satunya adalah kopi dalgona. Cara membuat kopi dalgona yang mudah dengan bahan-bahan yang mudah pula untuk didapat membuat banyak orang tertarik untuk membuatnya.

Cara membuat kopi dalgona agar lebih mudah adalah dengan memakai hand mixer. Bahan yang diperlukan untuk membuat kopi dalgona adalah kopi hitam tanpa ampas, air, dan gula. Jangan lupa untuk menyediakan susu cair dan es batu karena krim yang sudah terbentuk akan diletakkan di atasnya.

Baca Juga: Manfaat susu kurma yang orang jarang tahu

Karena memakai gula dan susu cair, tentu saja kopi dalgona memiliki jumlah kalori yang cukup banyak. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara membuat kopi dalgona lainnya yang bisa menekan jumlah kalori. Anda jadi bisa sering menikmati kopi dalgona, deh.

Siapkan Bahan

Cara membuat kopi dalgona yang pertama tentu saja dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi dalgona tentu saja air (30 g) dan kopi hitam tanpa ampas (14 g).

Namun, agar kopi dalgona bisa lebih sehat, thedietschef.com merekomendasikan agar mengganti gula dengan confectioners atau gula halus. Jangan lupa untuk menyiapkan susu cair dan es batu.

Baca Juga: Manfaat kopi hitam tanpa gula, bisa turunkan berat badan hingga jaga ingatan

Buat Krim Pakai Hand Mixer

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, cara membuat kopi dalgona selanjutnya adalah dengan membuat krim kopi. Letakkan air, kopi, dan confectioners dalam sebuah wadah. Kemudian, pakai hand mixer untuk membuatnya. Anda bisa menggunakan alat lain, seperti whisk, jika mau.

Tuangkan di Atas Susu

Setelah krim kopi dalgona jadi, cara membuat kopi dalgona yang terakhir adalah dengan menuangkannya di atas es batu dan susu. Thedietschef.com mengatakan bahwa resep ini sebenarnya dibuat untuk dua porsi kopi dalgona. Namun, jika Anda ingin mendapat tambahan kafein, Anda bisa mencampurkan semua krim yang terbentuk di atas segelas susu.

Thedietschef.com merekomendasikan agar tidak menggunakan pengganti gula yang lain. Pakailah confectioners agar kalori yang masuk dari kopi dalgona tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru