Cara Zuckerberg menghubungkan seluruh dunia

Jumat, 17 April 2015 | 21:25 WIB Sumber: BBC
Cara Zuckerberg menghubungkan seluruh dunia

ILUSTRASI. Industri baja nasional dapat memenuhi kebutuhan baja guna membangun Ibu Kota Negara Baru (IKN).. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18.


JAKARTA. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan peluncuran internet.org di Indonesia, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan akses internet sampai ke desa-desa.

Peluncuran ini diumumkan oleh Zuckerberg melalui laman Facebook resminya. "Ini adalah sebuah langkah menghubungkan seluruh dunia. Setelah ini, semua di Indonesia akan memiliki peluang untuk membagi manfaat internet dan mengakses layanan gratis seperti situs terkait pekerjaan, kesehatan, pendidikan, komunikasi dalam jaringan Indosat. Melalui upaya ini, kami akan mengurangi biaya akses internet dan meningkatkan kesadaran akan manfaat internet.Dan kami akan terus mengerjakan internet.org di banyak negara, sehingga satu hari nanti, tiap orang bisa punya kesempatan untuk terhubung dengan dunia," ujarnya.

Zuck pun bercerita saat berbicara dengan pemilik beberapa toko dan dari pembicaraan tersebut membawa inspirasi untuk menghubungkan orang-orang dengan berbagai bakat dan ide terhubung dengan dunia.

"Foto di bawah ini saya berbicara dengan seorang pemilik toko pakaian yang menggunakan halaman Facebook untuk berbagi desain t-shirt baru," jelasnya.

Diperkirakan baru sepertiga penduduk Indonesia yang sudah terkoneksi dengan internet. Data yang dikutip dari We Are Social pada awal 2015 menunjukan pengguna internet aktif Indonesia sekitar 72,7 juta.

Sebelumnya, internet.org juga telah diluncurkan di India, Ghana, Kenya, Kolombia, dan Tanzania. Di Indonesia, internet.org bekerja sama dengan Indosat.

Pelanggan dapat mengakses layanan "internet tanpa pulsa" melalui www.internet.org atau dengan mengunduh aplikasi Internet.org dari Playstore Android.

Sejumlah situs yang bisa diakses gratis di antaranya Ask.com, Wikipedia, Merdeka.com, Bola.net, Accuweather, Jobstreet, OLX, Tokopedia, BabyCenter, UNICEF Facts for Life dan tentu saja Facebook.

Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat mengatakan ini menjadi salah satu komitmen mereka mendukung perluasan akses internet di perkotaan dan pedesaan.

Indonesia menargetkan unruk membawa konektivitas nirkabel bagi semua orang di perkotaan dan 52% dari penduduk di daerah pedesaan pada akhir 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru