Cilacap gelar Sodong Culture Symphony 2018

Minggu, 28 Januari 2018 | 22:49 WIB   Reporter: Jane Aprilyani

FESTIVAL BUDAYA INDONESIA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata menyambut baik even Sodong Culture Symphony 2018 yang digelar di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada 26-28 Januari 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yang berkerjasama dengan GenPI dan APPC.

Even dimeriahkan dengan keragaman budaya khas Cilacap, antara lain karnaval di atas pasir Pantai Sodong. Pagelaran ini menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Cilacap. Pantai Sodong sendiri menjadi salah satu ikon pariwisata Cilacap.

Karnaval yang diikuti 200 peserta mengenakan busana unik sebagai perpaduan antara busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasan. Ditampilkan juga tarian Jalungmas yang dibawakan secara kolosal. Tarian ini merupakan perpaduan budaya Jawa dan Sunda dan ditampilkan untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas, yaitu Tiek Entarti.

Pada acara itu para penari akan mengajak wisatawan untuk ikut menari. Tidak ketinggalan pada acara itu digelar Pasar Cemaraan yang menyajikan aneka kuliner khas, seperti thempleng, lanthing, mendoan, dan lepet.

Sebelumnya dari data BPS, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia Juli 2017 naik 30,85 % dibanding jumlah kunjungan pada Juli 2016, yaitu dari 1,03 juta kunjungan menjadi 1,35 juta kunjungan. Kementerian Pariwisata berharap dengan pagelaran seni di Cilacap bisa menarik wisatawan ke Indonesia sehingga mencapai target 17 juta wisman ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru