CurvYoga, gerakan untuk mereka yang bertubuh besar

Minggu, 28 Agustus 2016 | 15:18 WIB   Reporter: Sinar Putri S.Utami
CurvYoga, gerakan untuk mereka yang bertubuh besar


ANDA memiliki postur tubuh yang besar dan kehabisan ide untuk mencari olahraga yang pas? Jangan khawatir, kini sudah banyak gerakan (movement) yang dapat memotivasi Anda. Salah satunya adalah CurvYoga, sebuah gerakan yang dikhususkan bagi wanita bertubuh besar, yang ingin memulai hidup sehat dengan yoga.

Rieski Aisah, pencetus gerakan ini mengatakan, yoga merupakan olahraga yang sangat cocok bagi para pemilik tubuh besar. Alasan dia, gerakan yoga yang terlihat sederhana, menawarkan banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Hal itu dialami sendiri oleh Rieski. Sebelum memilih yoga, ia telah melakukan berbagai aktivitas olahraga, mulai dari lari di sekitar rumah hingga ikut keanggotaan di pusat kebugaran. Namun ia merasa hasilnya kurang memuaskan.

Ditambah lagi, "Setiap kali masuk kelas kebugaran, saya merasa tak percaya diri karena mayoritas yang ikut berbadan kurus, keadaan itu yang bikin saya seolah terintimidasi," ujarnya, Jumat (26/8).

Sampai akhirnya, ia ikut kelas yoga dan langsung merasa klop. Saat mengikuti yoga ia merasakan ketenangan dan kepercayaan diri di setiap pose-posenya. Karena itu, ia bertekad untuk mengajak orang seperti dirinya yang berbadan besar untuk sadar hidup sehat dan mulai bergerak. “Lewat yoga, seseorang dapat melihat potensi dalam diri dan bisa menghormati ke sesama,” katanya.

Menurut wanita karier ini, yoga merupakan olahraga yang fleksibel. Seperti halnya dalam gerakan child pose yang normalnya paha menyentuh dada, tapi di CurvYoga boleh hanya sampai menyentuh perut.

Melatih percaya diri Untuk mengajak sesama wanita berbadan besar, Rieski membentuk movement CurvYoga bersama dengan Ririe Bogar pada pertengahan Agustus 2016 ini. Adapun batasan berat badan yang dapat ikut CurvYoga ini mulai dari 70 kg. Patokan itu diambil karena menurut Rieski, kepercayaan diri seseorang mulai menurun jika berat badannya menyentuh 70 kg.

Ia juga mengingatkan, tujuan untuk mengikuti movement ini bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan untuk melatih kepercayaan diri. Hal ini diakui oleh salah satu pengikut CurvYoga, Eka Agustine. Wanita berusia 30 tahun ini merasa mendapat manfaat dari melakukan yoga.

Jika sebelumnya ia mudah emosi ketika di-bullying, setelah mengikuti yoga ia bisa mengontrol diri dan lebih tenang. Tak hanya itu, ia kini juga lebih pede dibanding sebelumnya. Yoga juga dinilainya sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti tidak gampang lelah.

"Karena pekerjaan saya yang keseringan berdiri lama, dulu sendi di kaki sering sakit tapi setelah ikut yoga persendian jarang sakit, napas juga lebih panjang," tuturnya.

Selain membuka kelas yoga, CurvYoga juga mengajarkan gerakan yoga melalui akun Instagram-nya yakni @CurvYogaIndonesia. Melalui foto-foto itu, Anda bisa berlatih sendiri berbagai gerakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru