Destinasi gunung ini cocok bagi pendaki pemula

Minggu, 21 Mei 2017 | 12:54 WIB   Reporter: Klaudia Molasiarani
Destinasi gunung ini cocok bagi pendaki pemula


JAKARTA. Mendaki gunung saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk melepas kepenatan akibat rutinitas yang padat. Bagaimana tidak? Suguhan alam hijau yang menyegarkan pandangan, serta penantian akan terbitnya matahari, menjadi sesuatu yang paling ditunggu oleh para pendaki.

Kendati begitu, tidak sedikit pula orang yang mengurungkan niat untuk mendaki hanya karena tidak biasa berolahraga atau belum pernah mencoba naik gunung sebelumnya.

Memang, proses menapaki gunung membutuhkan kesiapan yang matang baik fisik maupun psikis.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki pengalaman naik gunung, Anda bisa mencoba untuk mendaki ke gunung Prau yang berlokasi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meski begitu, segala sesuatunya tetap harus dipersiapkan dengan matang, seperti peralatan pendakian, fisik yang prima, dan mental yang kuat.

Bagi pengunjung yang berangkat dari Ibukota Jawa Tengah dengan mengendarai mobil, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di basecamp pendakian Patak Banteng. Ketika sampai di sana, udara sejuk dingin berkabut, dan pemandangan hijau membentang seolah menyambut kedatangan Anda.

Setelah semuanya siap, pendakian pun dimulai dari basecamp tersebut. Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak, hanya sekitar 2 jam. Namun ketika pendaki sangat menikmati proses pendakian, rasanya begitu cepat hingga sampai ke puncak.

Nah, ketika sudah sampai di puncak, semua perasaan letih Anda terbayar oleh pemandangan bulan bintang di malam hari, dengan catatan cuaca saat itu sedang cerah. Bahkan Anda bisa melihat awan seolah posisi Anda sedang berada di atas awan.

Pagi harinya, Anda bisa melihat matahari terbit dan mengabadikan momen tersebut, meski udara sangat dingin. Oleh sebab itu, Anda perlu membawa jaket tebal ketika mendaki.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat Gunung Sindoro-Sumbing serta jajaran bukit dan seluruh kawasan Dieng dari puncak. Menarik bukan?

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu tiga orang pendaki mengalami insiden tersambar petir ketika mendaki ke Gunung Prau. Pasca kejadian tersebut, para pendaki diharuskan untuk turun pada pukul 08.00 pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru