Diplomasi kuliner Indonesia hingga ke Apia Samoa

Jumat, 22 Desember 2017 | 09:58 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Diplomasi kuliner Indonesia hingga ke Apia Samoa


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Semangat Indonesia memajukan pariwisata Indonesia salah satunya terlihat dari promosi Wonderful Indonesia yang digelar KBRI Wellington bersama dengan Kementerian Pariwisata lewat Festival Masakan Indonesia bertajuk Deliciously Indonesia di Samoa, pada 18 hingga 19 Desember 2017.

Berbagai masakan khas Indonesia disajikan. "Ini adalah upaya yang kita bangun dalam upaya untuk semakin mendekatkan rakyat kita dengan rakyat Samoa. Melalui program ini, kita menularkan expertise kita di bidang kuliner ke masyarakat Samoa," ujar Tantowi Yahya, Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tongga.

Berbagai kuliner khas Indonesia dipamerkan seperti gudeg, kolak juga tekwan. Lidah para pengunjung juga dimanjakan dengan gurihnya Soto Bandung, segar dan manisnya es teler.

Uniknya, deretan menu makanan yang disajikan tersebut diolah dari bahan-bahan yang terdapat di Samoa. Mulai dari talas, ubi jalar, ubi kayu, sukun, nanas juga nangka. Bahan-bahan tersebut juga diolah oleh dua chef Indonesia yang bermukim di Wellington, Adjie dan Jimmy.

"Kementerian Pariwisata juga membawa material promosi yang dibagikan dan juga branding Wonderful Indonesia yang ditampilkan di area venue," ungkap Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu dalam keterangan pers.

Kuliner memang diplomasi yang jitu. Menarik wisatawan itu bisa berangkat dari rasa dalam kuliner. Karena dengan berbagai produk kuliner, wisatawan akan mengenal kota asal pembuatan makanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru