HOME | Wisata |

TRAVEL

Enam destinasi liburan seru di Puncak Bogor

oleh : Dupla Kartini | Sabtu, 15 April 2017 | 10:58 WIB

Enam destinasi liburan seru di Puncak Bogor

Bogor. Memaanfaatkan libur panjang akhir pekan atau long weekend bersama keluarga memang mengasyikkan. Akhir pekan kali ini, Anda bisa mengajak keluarga mengunjungi Bogor untuk mengisi libur panjang.

Salah satu kawasan di Bogor yang menyuguhkan banyak destinasi wisata keluarga ialah Puncak. Tak perlu takut terjebak macet, karena beragam destinasi wisata ini berada tersebar di jalur menuju Puncak. Baik dari arah Bogor maupun Cianjur.

Berikut destinasi wisata sekitar Puncak Bogor hingga Cianjur yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Berkeliling menikmati indahnya bunga berbagai negara di Taman Bunga Nusantara

Anda yang berasal dari daerah Cianjur atau Bandung akan lebih mudah untuk menjangkau tempat ini. Taman Bunga Nusantara berlokasi sebelum Puncak Pass dari arah Bandung. Teretak di kawasan wisata Kota Bunga, Taman Bunga Nusantara tepat berada di Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

Dengan tiket masuk Rp 30.000 per orang, Anda bisa bebas menikmati indahnya bunga dari banyak daerah dan negara. Taman Bunga ini menghadirkan zona-zona bunga daerah seperti taman Bali, taman Jepang, taman Prancis, hingga jenis bunga tertentu seperti taman Dahlia. Anda bisa lebih mengenal jenis-jenis bunga yang belum pernah dilihat.

Selain itu taman seluas 23 hektare ini juga menyuguhkan wahana permainan yang lengkap. Terdapat kereta untuk berkeliling yaitu Dotto Train dan Garden Tram. Selain itu Anda bisa mencoba wahana Labyrinth, Air Mancur Musikal, Go-Kart, ATV Race, Bumper Boat, dan masih banyak lagi.

2. Berwisata ala Kota Venesia di Little Venice, Kota Bunga

Little Venice berlokasi di kawasan wisata Kota Bunga, tak terlalu jauh dari Puncak Pass. Sekitar 200 meter dari pertigaan Ciloto Anda bisa mengambil arah kiri ke Kota Bunga. Jika lalu-lintas terlihat padat, bisa ambil alternatif lainnya.

Suasana Venesia akan langsung terasa di gerbang masuknya. Dengan tiket masuk Rp 20.000 per orang, Anda bisa mengeksplor bangunan-bangunan yang unik dan lucu dan mirip di Venesia, Italia. Terdapat sungai yang membelah dua kompleks bangunan berarsitektur Eropa.

Anda juga dapat menikmati berbagai wahana seperti Gondola atau perahu yang didayung mengarungi sungai kecil tersebut. Ada juga kapal Missisipi, Perahu Bebek, Sepeda Air, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati aneka wahana tersebut, Anda perlu menambah harga tiket sekitar Rp 20.000.


3. Serunya berpetualang di agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kebun teh Gunung Mas terletak pada daerah sejuk dengan ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut.

Di sana, Anda melakukan tea walk atau trekking keliling kebun teh Gunung Mas yang bersuhu sekitar 12-22 derajat celcius. Petualangan ini bisa Anda nikmati bersama keluarga dengan berjalan kaki maupun menunggang kuda.

Jika bertepatan dengan masa produksi teh, Anda bisa melihaat proses-proses pembuatan teh mulai dari kebun hingga pabrik pengolahannya. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana antara lain berfoto, menyeruput teh khas Gunung Mas, juga naik kuda keliling kebun teh.

Tiket masuk ke kawasan Gunung Mas sekitar Rp 10.000. Untuk fasilitas pemandu akan dikenakan biaya tambahan.

4. Taman Wisata Matahari

Taman rekreasi keluarga yang mengusung tema education park and recreation ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang bertujuan untuk mendidik dan mengenal alam. Mulai dari wahana air, wisata permainan, juga petualangan.

Luas taman wisata Matahari sekitar 40 hektare, tapi Anda tidak perlu bingung jika ingin berkeliling. Ada mobil Wara Wiri yang bertemakan binatang seperti tikus, gajah, jerapah dan hewan lainnya. Wara Wiri bisa Anda gunakan untuk berkeliling dan menuju tempat wahana yang Anda inginkan.

Mau wisata yang menantang? Di sini Anda bisa memacu adrenalin dengan mencoba beberapa wahana petualangan. Ada Flying Fox, Arung Jeram, juga motor ATV.


5. Novus Giri Resort and Spa

Novus Giri Resort and Spa menawarkan ketenangan dengan suasana alam yang masih sejuk. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan nuansa alam yang masih alami.

Selain tempat menginap, lokasi ini juga memiliki beragam fasilitas untuk Anda dan keluarga. Antara lain aktivitas keluarga seperti melukis di kaus dan tas, yang hasilnya bisa kita pakai dan bawa pulang. Keseruan lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah bermain dengan kelinci di Rabbit Village, sebuah perkampungan mini yang dihuni sekitar 20 ekor kelinci dari berbagai ras.

Bagi Anda yang butuh relaksasi, kegiatan spa tentunya sangat cocok. Daiva Spa menyuguhkan nuansa alam dan menggunakan aromaterapi khas Bali dan bahan rempah lainnya sehingga dapat menenangkan jiwa dan pikiran.

6. Serunya Safari Night bersama keluarga

Salah satu atraksi di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor ini hanya ada di liburan hari besar dan akhir pekan saja. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkannya di momen long weekend.

Safari Night akan dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Biasanya antrean kendaraan yang masuk gerbang Taman Safari Ciawi Bogor ini sudah padat sejak menjelang maghrib.

Setelah berkeliling Anda dapat berfoto langsung dengan bayi binatang yang ada di Baby Zoo. Lalu mengunjungi teater terbuka tempat pertunjukan binatang pukul 22.15 WIB, dan Fire Dance khas Safari Night pukul 22.45 WIB.

(Muhammad Irzal Adiakurnia)

Sumber Kompas.com