Fitur baru windows buat si produktif

Jumat, 19 Agustus 2016 | 21:01 WIB   Reporter: Dian Sari Pertiwi
Fitur baru windows buat si produktif


JAKARTA. Era serba cepat dengan tren digital seperti sekarang setiap orang dituntut untuk lebih produktif. Apalagi para pelaku industri kreatif ketika ide dan inspirasi bisa datang kapanpun dan di manapun.

Jika Anda termasuk orang yang paling anti membuang waktu, bisa jadi fitur baru dari Windows membuat hidup Anda lebih produktif. Ya, per tanggal 2 Agustus lalu, Windows resmi memperbaharui fitur dalam Windows 10. Di situ ada fitur penunjang produktivitas bernama Windows Ink Workspace yang terdiri dari tiga fitur seperti Sticky Notes, Sketchpad dan Screen Sketch.

Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, mengklaim pembaharuan ini akan mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi. "Update fitur ini akan membuat pengguna fun tapi tetap produktif, karena bisa digunakan senatural mungkin seperti menggunakan pulpen dan buku, kemudian batre lebih tahan lama," kata Linda (19/8).

Fitur legendaris Windows Sticky Notes yang baru ini bisa terhubung dengan internet explorer jika Anda mengetik alamat laman situs internet atau kode saham yang Anda koleksi, sehingga Anda bisa langsung browse jika perlu.  Selain itu, fitur Screen Sketch bisa memudahkan Anda berbagi tampilan screen saat Anda sedang browse dan menemukan situs menarik atau aplikasi tertentu dan ingin membubuhkan catatan di atasnya untuk berbagi informasi dengan sahabat atau pasangan.

Kekuatan fitur Windows 10 baru ada pada Sketchpad yang bisa digunakan untuk menggambar atau mendesain layaknya menggunakan pensil dan kertas asli.

Fitur ini juga yang banyak dipakai para pelaku industri kreatif seperti Faza Ibnu Ubaidillah atau dikenal sebagai Faza Meonk, komikus pembuat kartun Si Juki dan Julian Tanoto pendiri Cloth-Inc yang seringkali harus tetap mendesain pakaian saat melakukan perjalanan ke luar kota. Pengguna pun bisa dengan leluasa berbagi hasil desain dan gambar, baik secara privat maupun ke media sosial mereka.

Fitur baru ini bisa diupdate bagi para pengguna Windows asli secara gratis beberapa waktu lalu. Walau saat ini sudah habis masa upgrade gratis, Linda bilang Windows sudah meluncurkan update edisi ulang tahun yang bisa dibeli di beberapa distributor resmi berstiker Windows.

Jika Anda tertarik, Windows menjual seharga Rp 2,9 jutaan untuk pasar ritel. Baiknya cek dulu kompatibilitas gadget Anda sebelum membeli Windows versi terbaru. Sebab, Windows 10 baru ini memerlukan spesifikasi seperti ram minimal 2 GB. Selain itu Anda juga perlu mengosongkan hard disk laptop atau tablet Anda sebesar 16 GB jika ingin memasang Windows 10 ini. Tapi, syarat itu tak terlalu sulit dengan fitur yang menarik, ringan dan membuat Anda semakin produktif ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru