Ini 9 Cara Mengatasi Tidak Ada Internet saat WiFi Tersambung

Rabu, 24 April 2024 | 15:27 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Cara Mengatasi Tidak Ada Internet saat WiFi Tersambung

ILUSTRASI. Panduan Mengatasi Tidak Ada Internet saat WiFi Tersambung. KONTAN/Fransiskus Simbolon/24/09/2010


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet. Notifikasi pada jaringan WiFi perangkat tentu menjadi salah satu pengaruh

Istilah "no internet when the wifi get connected" berarti perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi, tetapi Anda tidak dapat mengakses internet.

Masalah tidak ada internet bisa disebabkan berbagai faktor seperti masalah perangkat hingga pemilihan data internet.

Berikut ini beberapa faktor penyebab masalah tidak internet saat WiFi tersambung.

Baca Juga: Cara Cek dan Memperbarui Versi Browser Google Chrome Terbaru

Masalah internet tidak ada saat WiFi tersambung

Laptop tidak tersambung internet

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Masalah dengan modem atau router: Jika modem tidak berfungsi dengan baik, mungkin tidak dapat tersambung ke internet.
  • Masalah dengan ISP: Jika ISP Anda mengalami masalah, mungkin tidak dapat terhubung ke internet.
  • Masalah dengan perangkat: Apabila adaptor Wi-Fi perangkat Anda tidak berfungsi dengan baik, mungkin tidak dapat tersambung ke internet.
  • Masalah dengan pengaturan jaringan: Jika pengaturan jaringan Anda salah, pengguna mungkin tidak dapat terhubung ke internet.

Atasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet

Terdapat beberapa masalah yang bisa diselesaikan dalam panduan berikut, intip solusi yang dirangkum lewat laman High Speed Internet.

1. Restart modem dan router

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah WiFi terhubung tetapi tidak ada akses internet adalah dengan me-restart modem dan router.

Cabut kedua perangkat dari stopkontak dan pastikan lampu indikator pada modem telah padam. Tunggu selama satu atau dua menit sebelum menyambungkan kembali perangkat ke stopkontak. Setelah itu, periksa apakah koneksi internet sudah kembali normal.

2. Periksa kabel dan posisi router

Selanjutnya, pastikan semua kabel yang menghubungkan modem, router, dan perangkat lainnya terpasang dengan baik. Kabel yang longgar atau rusak dapat menyebabkan masalah koneksi internet, meskipun WiFi terhubung.

3. Ubah pengaturan DNS

Periksa pengaturan DNS pada perangkat Anda. Pengaturan DNS yang salah dapat menghambat perangkat untuk terhubung ke internet. Anda dapat mengubah pengaturan DNS melalui pengaturan jaringan perangkat.

4. Perbarui driver

Pastikan driver untuk adaptor jaringan telah diperbarui ke versi terbaru. Driver yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah koneksi internet. Perbarui driver dengan mengunjungi situs web resmi pabrikan perangkat Anda.

5. Konfigurasi jaringan yang salah

Pengaturan jaringan yang tidak benar pada modem, router, atau perangkat lainnya dapat menghambat koneksi internet meskipun WiFi terhubung. Ini bisa terjadi karena pengaturan DNS yang tidak tepat atau konflik alamat IP.

6. Periksa status modem dan router

Perhatikan lampu indikator pada modem dan router. Jika ada lampu yang mati atau berkedip, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah dengan koneksi internet.

7. Tes dengan jaringan lain

Apabila memungkinkan, coba sambungkan perangkat ke jaringan WiFi lainnya. Jika perangkat dapat terhubung dengan jaringan lain, kemungkinan masalah terdapat pada jaringan Anda sendiri.

8. Periksa pemadaman internet

Ada kemungkinan masalah koneksi internet disebabkan oleh pemadaman di wilayah Anda. Periksa informasi mengenai pemadaman internet dengan mengunjungi situs web penyedia layanan internet (ISP) Anda atau menggunakan situs web DownDetector.

9. Hubungi penyedia layanan internet (ISP)

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan namun masalah belum teratasi, hubungi ISP Anda. Mereka dapat membantu Anda memecahkan masalah atau mengirimkan teknisi untuk memperbaiki koneksi internet Anda.

Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk mengetahui kecepatan internet Anda dengan mudah.

Cek kecepatan internet

Ada beberapa cara mudah untuk mengecek kecepatan internet Anda melalui situs web:

Speedtest by Ookla (https://www.speedtest.net/), merupakan situs web populer yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet. Cukup kunjungi situs web mereka, tekan tombol "Go" dan tunggu hasilnya. Speedtest akan menampilkan kecepatan download, upload, dan ping Anda.

Itulah panduan mudah dari cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet yang praktis dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru