Ini ciri-ciri kartu kredit yang sakit

Rabu, 07 Desember 2016 | 16:46 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Ini ciri-ciri kartu kredit yang sakit


Bayar cicilan kartu kredit paling minim? Bahkan Anda telat bayar? Hati-hati bisa jadi tagihan kartu kredit Anda tidak sehat. Dulu kartu kredit hanya dimiliki segelintir orang. Tapi kini, orang yang bekerja dengan pendapatan pas-pasan pun sudah bisa memiliki kartu kredit.

Sebenarnya tak ada masalah menjadi nasabah kartu kredit. Yang jadi masalah ketika Anda mulai dipusingkan dengan tagihan kartu kredit.

Budi Raharjo, Perencana Keuangan OneShildt Finnacial Planning mengatakan, tagihan kartu kredit yang tidak sehat dimulai ketika Anda hanya mampu membayar tagihan minimal.

"Itu sebenarnya sudah tanda-tanda pembayaran kartu kredit kita sudah tidak sehat. Apalagi jika pembayarannya sampai telat karena tidak adanya dana yang tersedia untuk pembayaran cicilan," ujar Budi pada KONTAN, Rabu (7/12).

Eko Endarto, Perencana Keuangan Finansia Consulting menambahkan, yang dimaksud tidak sehat adalah bermasalah. Maka kriteria tagihan akan bermasalah ke depan bila total tagihannya sudah melebihi 3x pemasukan kita. "sebab bila sampai 5x penghasilan maka sudah pasti utang kartu kredit tadi akan menjadi petaka bagi si pemilik," ujar Eko.

 

Jadi, bagaimana dengan tagihan kartu kredit Anda? Masih bisa dikatakan sehat? Atau justru sudah terserang "penyakit" yang gawat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru