HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Ini wisata Purwakarta yang datangkan 4 juta turis

oleh : Jane Aprilyani | Senin, 04 Desember 2017 | 22:38 WIB

Ini wisata Purwakarta yang datangkan 4 juta turis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), membangun industri pariwisata patut dicontoh daerah lain di Indonesia. Berbagai langkah cerdas yang diambil Pemkab Purwakarta membuat industri pariwisata makin berkibar.

Setidaknya, hal itu terlihat dari jumlah wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta. Pemkab mengklaim, 4 juta wisatawan menyerbu Purwakarta pada 2017. Jumlah itu lebih banyak dari target yang dipatok, yakni 3 juta travelista.

Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengatakan, destinasi wisata di daerahnya berjumlah 45. Destinasi-destinasi itu tersebar di hampir seluruh kecamatan. Menurut Heri, jumlah destinasi wisata di Purwakarta bertambah 13 selama dua tahun.

"Pada 2015 lalu, destinasi wisata yang ada hanya 32 lokasi. Setiap tahun ada penambahan. Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Kebanyakan wisata alam. Selebihnya kuliner serta wisata religi," kata Heri dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (4/12).

Salah satu destinasi yang menjadi tujuan wajib wisatawan saat berlibur ke Purwakarta adalah Taman Sri Baduga. Air menari yang soft launchingnya diluncurkan Menteri Pariwisata Arief Yahya itu diharapkan terus melakukan improvisasi dan makin baik.

Menurut Heri, sekitar 30.000 wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, mengunjungi Taman Sri Baduga setiap pekan.

Di sisi lain, Pemkab Purwakarta juga akan menyulap 16 desa menjadi desa wisata. Di antaranya, Desa Pesanggrahan dan Sukamulya di Kecamatan Tegalwaru. Ada juga Desa Sindang Panon, Cihanjawar, dan Cipeundeuy di Kecamatan Bojong.

"Potensi pariwisata di setiap desa itu berbeda. Ada basis kuliner, wisata alam, panjat tebing, dan wisata air. Makanya, kami inventarisasi," kata Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.