HOME| Wisata|

RESTORAN

Kempar luncurkan sayembara desain resto

oleh : Jane Aprilyani | Rabu, 09 Agustus 2017 | 17:09 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Kempar luncurkan sayembara desain resto

JAKARTA. Kementerian Pariwisata gelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Ajang ini ditujukan bagi semua arsitek dan desain interior untuk membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang di inisiasi Kementerian Pariwisata, BEKRAF, dan PT Propan Raya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini bertujuan untuk membuat desain pada tingkat gagasan. Ini akan dijadikan sebagai rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor. Nantinya hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf.

“Misal jika berwisata ke Bali, pasti indentik dengan desain restoran yang ada di Bali. Saat berwisata ke Sumatera Barat bangunan rumah khas Sumatera Barat juga sangat identik. Sayembara ini juga untuk mendukung pengembangan amenitas (fasilitas) pariwisata sebagai salah satu dari 3 aspek pengembangan pariwisata 3A yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas,” ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (9/8).

Inisiasi ini merujuk pada kesuksesan Sayembara Desain Homestay Nusantara pada 2016. Arief menilai lomba ini akan menjadi daya tarik tersendiri di destinasi wisata prioritas serta mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas sebagai ‘Bali Baru” seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Arief menjelaskan, Kriteria sayembara mencangkup beberapa faktor. Seperti desain bangunan harus mengambil inspirasi kelokalan yaitu aspek eksterior dan interior, lalu desain bangunan harus memperhatikan aspek ramah lingkungan (Green Building/ecofriendly).

Berikutnya konsep perancangan menggunakan material lokal/daerah setempat. Tidak hanya itu saja pengaturan tata ruang yang fungsional, efisien sesuai ketentuan operasional restoran, higienitas, sanitasi, dan keamanan harus diperhatikan.

Rencananya pemberian penghargaan ISTA 2017 dan pengumuman pemenang Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017  akan dilaksanakan pada September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (World Tourism Day) yang diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.



0 Komentar
Salin Tulisan