| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.473
  • SUN97,14 0,42%
  • EMAS600.960 -0,17%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kopi Nusantara semakin diminati di Eropa

Sabtu, 21 April 2018 / 12:01 WIB

Kopi Nusantara semakin diminati di Eropa
ILUSTRASI. Ilustrasi Minum Kopi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kopi Nusantara, dengan berbagai varian dan kualitas, sebenarnya sudah lama dikenal dan masuk pasar internasional. Namun, meningkatnya konsumsi kopi di berbagai negara seiring pergeseran gaya hidup menuju 'coffee lover', diyakini telah mendorong semakin meningkatnya minat dan permintaan terhadap kopi-kopi Tanah Air.

Ini terbukti dari antusiasme kalangan pelaku bisnis, utamanya para buyer di Eropa, yang sengaja menemui untuk menjajaki kerja sama bisnis dengan Komunitas Kopi Nusantara (Kopinusa) di ajang pameran internasional Alimentaria 2018 di Barcelona, Spanyol, 16-19 April lalu.

"Ini sinyal positif bagi Indonesia untuk meningkatkan market share kopi Nusantara, khususnya di daratan Eropa," ujar Iwan Manasa, Ketua Delegasi Kopinusa, dalam rilisnya, Jumat (20/4).

Alimentaria adalah pameran dagang yang diselenggarakan tiap dua tahun di Fira de Barcelona, Gran Via, yang berlokasi tepat di jantung ibu kota Katalunya - Spanyol. Lebih dari sekadar eksibisi, Alimentaria adalah benchmark perkembangan terkini industri makanan dan minuman dunia. Ia sekaligus menjadi pusat pertemuan bisnis yang melibatkan produsen dan konsumen, pedagang dan pembeli serta eksportir dan importir.

Dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, Kopinusa hadir sebagai salah satu partisipan Alimentaria 2018, yang seluruhnya diikuti 3.500-an peserta dari 65 negara. Dari Indonesia, ada delapan partisipan yang dikoordinir oleh Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona dan Atase Perdagangan KBRI Spanyol.

Kopinusa sendiri membawa sejumlah sampel kopi Nusantara dengan berbagai varian dan daerah asal. Di antaranya kopi arabika Manggarai dan Bajawa Flores, Osibil Papua, Rinjani Lombok, Toraja, Wonosobo Jawa Tengah, Kerinci Jambi, robusta Bengkulu hingga arabika Gayo Aceh.

Iwan Manasa menuturkan, selain kopi biji kategori green bean dan roasted bean, Kopinusa juga membawa sampel produk kopi kapsul single origin hasil produksi petani binaan dan anak-anak muda kreatif yang tergabung dalam SeKopi Tanah Air Kita.

"Kopi kapsul sengaja kami bawa untuk menunjukkan bahwa Indonesia tidak cuma jualan green bean, tapi juga bisa memproduksi dan menjual kopi dengan kemasan kapsul," ujarnya.

Dengan kopi kapsul, konsumen hanya tinggal memasukkan kepingan kapsul ke dalam mesin jenis Nespresso untuk menghasilkan secangkir kopi espresso dengan cita rasa Nusantara.

"Kali ini kami baru membawa sampel kopi kapsul dari Manggarai Flores. Ke depan, kopi kapsul ala Indonesia ini akan dikembangkan menjadi 45 varian rasa single origin, mewakili 45 daerah penghasil kopi di Tanah Air. Ini sekaligus upaya menjadikan kopi sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif Indonesia," lanjut Iwan.

Sementara itu, Manajer Pengembangan Bisnis Kopinusa Yuni Mustani mengatakan, selama empat hari penyelenggaraan Alimentaria, tak kurang dari tujuh potential buyer yang serius menjajaki kerja sama dengan Kopinusa. "Kebanyakan dari Eropa, utamanya Spanyol, meskipun ada juga peminat serius dari Peru dan Uruguay," tuturnya.

Yuni menambahkan, selain mencecap kopi, meminta sampel dan mengajak melakukan korespondensi bisnis, para buyer umumnya menanyakan perihal kapasitas produksi dan keamanan rantai pasok (supply chain) kopi Nusantara. "Alimentaria sejak awal memang dirancang menjadi ajang pertemuan para pelaku bisnis. Baru pada hari terakhir arena dibuka untuk umum," kata Yuni.

Selama empat hari, tak kurang dari 140 ribu pebisnis dari 152 negara hadir di Alimentaria.


Reporter: Petrus Dabu
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KOPI

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0401 || diagnostic_web = 0.2019

×