Luhut lepas Dewaruci & Bima Suci ke Sail Sabang

Selasa, 21 November 2017 | 12:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Luhut lepas Dewaruci & Bima Suci ke Sail Sabang


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan resmi melepas dua kapal, yakni KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci. Dua-duanya dilepas menuju Pulau Weh, Sabang bersama 768 peserta ekspedisi Sail Sabang dari Dermaga Terminal JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (20/11).

“Pelaksanaan sail tahun ini saya rasa cukup unik. Karena ada dua kapal layar tiang tinggi yang ikut dalam misi pelayaran menuju ke Sabang,” ujar Luhut dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (21/11).

Luhut juga ingin para peserta yang berjumlah 768 orang ini bisa berbangga dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. "Berbanggalah kalian pada negara kalian yang besar dan indah ini. Jagalah negerimu. Sepulang kau dari perjalanan pelayaranmu, ambillah pelajaran dari sana. Apa yang bisa kau lakukan untuk menjaga dan membangun negerimu ini. Lakukan hal yang positif. Jangan ikut larut dalam kegiatan yang tidak bermanfaat," katanya.

Dari sisi ekonomi, Menko Luhut ingin mendrive Indonesia memanfaatkan potensi pariwisata sebagai kepulauan terbesar di dunia. Estimasinya, ada US$ 1,33 triliun yang bisa digapai dari sektor pariwisata maritim.

Hal yang dirasa sangat masuk akal mengingat capaian devisa dari pariwisata sudah ada di posisi nomor dua setelah sektor minyak sawit. Sektor ini diperkirakan akan menjadi penghasil devisa nomor 1 pada 2019. “Indonesia pastinya memiliki banyak potensi wisata maritim yang amat potensial. Keindahan khas tropis yang memukau, kekayaan budaya, dan beragamnya aset bahari di negara kita jika dikelola dengan baik pasti akan memberikan efek positif yang sangat luar biasa besarnya," kata Luhut.

Seirama dengan Menko Luhut, Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut menyambut baik dua kapal KRI yang berlayar langsung ke Sabang. Even yang digelar 28 November-5 Desember 2017 itu diyakini bakal heboh.

"Kehadiran dua KRI Indonesia itu tentunya akan menjadi atraksi tersendiri di sana. Terlebih ada ratusan kapal yang hadir di sana. Jadi tunggu apalagi. Ayo ke Sabang," kata Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru