HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Menpar beri bantuan ke desa wisata di Banyuwangi

oleh : Jane Aprilyani | Senin, 11 September 2017 | 09:31 WIB

Menpar beri bantuan ke desa wisata di Banyuwangi

KONTAN.CO.ID - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan bantuan kepada para pengelola homestay di Desa Wisata Kemiren, Banyuwangi, sekaligus memberikan arahan kepada para peserta kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat bagi pengelola homestay disana.

Menpar Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata (Kempar) telah menetapkan Desa Kemiren di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) sebagai salah satu dari 10 desa wisata prioritas. “Pengembangan sarana prasarana dalam rangka menunjang aksesbilitas dan amenitas desa wisata Kemiren ini harus mendapat prioritas dengan melibatkan perangkat dan masyarakat desa dalam RPJMDes,” kata Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (11/9).

Kegiatan peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata bidang pengelolaan homestay di Desa Kemiren berlangsung selama dua hari (Sabtu dan Minggu, 9-10/9) yang mengikutsertakan 55 orang pemilik homestay.

Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat (TKDPM) Oneng Setya Harini menjelaskan bahwa Kempar mendukung pengembangan homestay desa wisata Kemiren dengan alasan Banyuwangi sebagai salah satu top destination branding dan memiliki banyak event pariwisata serta komitmen Pemda dan masyarakat yang menjadikan sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi.

Bantuan Menteri Pariwisata Arief Yahya bagi 55 pengelola homestay di Desa Kemiren antara lain berupa lemari pakaian, seprei, tempat sampah, tong sampah besar, kloset jongkok, signage peta homestay desa wisata dan sapta pesona, serta radio handy talky (HT).