HOME | Wisata |

PAMERAN WISATA

Menpar puji pembukaan Pesona Nusa Dua Fiesta 2017

oleh : Jane Aprilyani | Kamis, 12 Oktober 2017 | 13:51 WIB

Menpar puji pembukaan Pesona Nusa Dua Fiesta 2017

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesta Kembang Api heboh mewarnai Pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017. Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir di acara itu tidak memberikan sambutan khusus, tapi hanya memutar kembali video The Journey of a Wonderful World, yang memenangkan kompetisi video dunia, oleh UNWTO di Chengdu China 15 September, lalu.

Perhelatan yang dilaksanakan untuk yang ke-21 kalinya itu pun berlangsung meriah. “Sambutan saya diwakili pemutaran kembali video yang sukses merebut dua awards di forum paling terhormat dunia itu,” sebut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Pulau Peninsula Nusa Dua, Bali, dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (12/10).

”Kini pembukaan Nusa Dua Fiesta ini lebih Indonesia. Walaupun temanya Colors of Nusa, namun lebih nusantara. Event ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, selamat kepada ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation,Red) sebagai pelaksana event ini,” ujar Arief Yahya.

Event tersebut rencananya akan digelar dari tanggal 11 hingga 15 Oktober 2017. Pria asli Banyuwangi itu juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri yang ikut menjadi pendukung mayoritas di perhelatan tersebut.

Mantan Direktur Utama Telkom itu juga mengatakan, dirinya selalu memberikan saran kepada direksi ITDC, bahwa event di Nusa Dua jangan hanya dibalut dengan event MICE namun ada event yang non MICE.

”Saya selalu men-challange direksi di sini, untuk event MICE nusa dua tidak terkalahkan, tapi saya challange bagaimana membuat out door seperti ini, misalkan saja bagusnya juga musik setiap tahun, setiap waktu-waktu tertentu. Jadi bukan hanya event formal seperti MICE, namun juga event informal seperti Nusa Dua Fiesta ini,” tambahnya.

Event seperti ini, imbuh Menpar, juga akan membuat para wisatawan MICE yang datang ke Nusa Dua menjadi lebih lama lagi tinggal di Nusa Dua, karena mempertahankan wisatawan di Nusa Dua sampai akhir pekan merupakan tantangan tersendiri bagi Nusa Dua.

”Jadi jika ada event yang dilaksanakan pada akhir pekan, maka akan membuat long stay lebih lama di Nusa Dua, jadi wisatawan MICE akan menyaksikan dulu acara informal setelah formalnya rampung,” ujar Menpar.

Audience nya juga beragam, lebih dari 30% wisman, yang merasa nyaman di Bali. Mereka sama sekali tidak terpengaruh oleh status awas Gunung Agung, Bali. Karena jarak Nusa Dua ke pusat erupsi itu memang masih lebih dari 80 km, jarak yang masih aman.

Jarak yang tidak boleh didekati adalah radius 9-12 km, yang oleh BNPB dimasukkan dalam kawasan zona Merah.