Menteri Susi batal ikut ujian Paket C

Rabu, 19 April 2017 | 14:17 WIB Sumber: Kompas.com
Menteri Susi batal ikut ujian Paket C


CIAMIS. Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Bina Pandu Mandiri yang berlokasi di SMAN 1 Ciamis adalah tempat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, menuntut ilmu sekolah Paket C. Program Paket C adalah pendidikan yang disetarakan dengan tingkat SMA/sederajat.

Susi mendaftarkan diri di tempat tersebut pada Juli 2015. "Ya Ibu Susi terdaftar di sekolah ini sejak Juni 2015. Waktu itu Ibu Susi menyerahkan persyaratan berupa fotokopi ijazah SMP, dan surat keterangan dari SMA 1 Jogjakarta, tempat Susi pernah sekolah dulu," jelas Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri Ciamis, Didi Ruswendi saat dihubungi, Senin (19/4/2017).

Dia menambahkan, "Bu Susi tercatat sampai kelas 2 SMA 1 Jogjakarta. Sekolah pun menempatkan Bu Susi langsung masuk kelas XI atau kelas dua."

Dengan demikian, saat jadwal pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Paket C pada Sabtu dan Minggu (15-16/4/2017), Didi mengakui nama Menteri Susi masih terdaftar sebagai salah satu peserta ujian nasional di tempatnya.

Namun, Menteri Susi mengundurkan diri dan tak ikut ujian dengan alasan telah mendapatkan gelar doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Dipenogoro Semarang sebelum pelaksanaan ujian. "Bu menteri mengundurkan diri dan tak ikut ujian dengan alasan sudah mendapatkan gelar doktor honoris causa tersebut," tambah Didi.

Selama ini pun, kartu ujian, nomor induk pelajar dan kartu ujian Menteri Susi pun dibenarkan telah terbit dan terpasang di meja ujian. Karena sang menteri tersebut sudah tercatat di Data Pokok Pendidikan Kemendikbud.

Menteri Susi pun telah memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional. "Betul, kartu ujiannya sudah terbit dan sudah ditempelkan di bangku ujian," tambah dia.

Selama proses belajar mengajar selama ini, Menteri Susi dan pelajar Paket C lainnya dilakukan dengan metode e-learning atau belajar jarak jauh. Fasilitasnya pun sama dengan pelajar lainnya dan telah diberikan modul buku pembelajaran.

"Bu Susi tercantum pada daftar peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C di SMAN 1 Ciamis. Nama Susi di nomor urut dua dengan username C02140300436. Semuanya 24 peserta ujian, hanya Bu Susi yang tidak bisa hadir," katanya.

(Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru