Belanja |

SEWA MOBIL

Menuju kampung halaman dengan mobil sewaan

oleh : Harris Hadinata, Tedy Gumilar | Rabu, 25 Juli 2012 | 10:56 WIB

Menuju kampung halaman dengan mobil sewaan

Mudik sudah jadi bagian tidak terpisahkan dari lebaran. Nah, kalau Anda termasuk golongan pemudik ketika hari raya Idul Fitri tiba, ada baiknya Anda mulai melakukan persiapan dari sekarang. Terutama, kalau Anda tidak memiliki kendaraan sendiri untuk pulang kampung.

Maklum saja, banyak orang sudah mulai sibuk mencari tiket pesawat, kereta api, bus, maupun kapal laut sebelum Ramadan tiba. Kalau Anda tidak berminat menggunakan angkutan publik untuk pulang kampung, alternatif lainnya, Anda bisa menyewa mobil dari perusahaan jasa rental mobil.

Tapi, jangan salah, meski memutuskan menyewa mobil, bukan berarti Anda bisa bersantai-santai mempersiapkan mudik. Pasalnya, sama seperti tiket angkutan publik, kalau baru mencari mobil sewaan menjelang lebaran, bisa-bisa Anda tidak kebagian.

Permintaan mobil sewaan selalu meningkat tajam di musim lebaran. Memang, perusahaan penyewaan mobil selalu menambah jumlah unit mobil sewaan untuk mengantisipasi membeludaknya permintaan. Ambil contoh Cipaganti. Penyedia jasa sewa mobil dan transportasi ini biasanya menambah jumlah armada mobil sewaannya hingga 50%.

Astri Prikasih Aditya, Kepala Komunikasi Pemasaran Cipaganti, bilang, tahun ini pihaknya masih menghitung kebutuhan penambahan armada mobil sewa ini. Tapi, biasanya penambahan unit ini tidak bisa mengimbangi membeludaknya permintaan sewa. “Permintaan sewa mobil bisa naik sampai 100% saat Lebaran,” ucap Astri.

Karena itu, sebaiknya Anda memesan mobil sewaan dari sekarang agar jangan sampai kehabisan. Astri menuturkan, saat ini permintaan sewa mobil untuk keperluan mudik yang masuk ke Cipaganti sudah cukup banyak.

Daddy Doxa Manurung, General Manager TRAC-Astra Rent A Car, mengamini hal ini. Ia menuturkan, saat ini jumlah unit yang dipesan pelanggan sudah hampir 50%. “Kami hanya menambah unit kendaraan kami sekitar 15%–20% dari yang kami sediakan tahun lalu,” tuturnya tanpa menyebut detail total unit yang disiapkan.

Bisa memakai jasa pengemudi

Di perusahaan persewaan mobil, Anda bisa memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan isi kocek Anda. Di Cipaganti dan TRAC, misalnya, tersedia pilihan Kijang Innova, Toyota Avanza, dan Toyota Alphard untuk disewa.

Tarif sewa tiap jenis mobil tentu akan berbeda. Selain itu, lama waktu sewa dan jarak ke tempat tujuan mudik juga akan mempengaruhi biaya sewa.

Ambil contoh, di Blue Bird. Perusahaan taksi yang juga menyediakan jasa penyewaan mobil ini mematok waktu minimal sewa selama dua hari. Sebagai gambaran, jika Anda menyewa Kijang Innova dari Blue Bird untuk pulang kampung ke Solo, Blue Bird mematok biaya sebesar Rp 3,75 juta untuk dua hari.

Enaknya, ongkos sewa tersebut sudah termasuk biaya untuk bahan bakar. Tapi, biaya tol dan biaya lain, seperti biaya masuk tempat wisata, ditanggung sendiri oleh penyewa.

Di luar biaya tadi, Blue Bird juga mengenakan biaya tambahan kepada penyewa bila waktu sewa melebihi perjanjian sebelumnya. Biaya overtime dipatok sebesar Rp 1,25 juta per hari.

Berbeda lagi dengan TRAC. Salah satu anak usaha Grup Astra ini memiliki paket khusus untuk penyewaan mobil bagi keperluan mudik. “Program ini sudah mulai kami tawarkan sejak 1 Juli lalu,” sebut Doxa.

Melalui program ini, TRAC menawarkan penyewaan mobil bagi keperluan mudik dalam tiga paket, yakni paket sewa empat hari, paket sewa tujuh hari, dan sewa 10 hari. Mobil bisa Anda gunakan antara tanggal 15 Agustus–26 Agustus.

Kalau Anda ingin menyewa mobil Avanza, TRAC mematok biaya antara Rp 2,29 juta untuk empat hari hingga Rp 4,77 juta untuk sewa 10 hari. Untuk mobil Innova, biaya sewa berkisar antara Rp 3,32 juta sampai Rp 7,06 juta. Ini belum termasuk biaya bensin dan tol.

Tapi, buat Anda yang menyelesaikan seluruh pembayaran sewa sebelum 27 Juli, TRAC memberikan diskon sebesar 10%. Lumayan, kan?

Meski menyewa mobil, bukan berarti Anda harus capek menyetir sendiri. Perusahaan persewaan mobil sudah menyiapkan pengemudi untuk Anda.

Blue Bird dan Cipaganti bahkan tidak memberikan opsi bagi penyewa untuk membawa mobil sendiri atau istilahnya lepas kunci. Selain sebagai pelayanan kepada pelanggan, perusahaan persewaan mobil juga menyediakan pengemudi untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, baik kecelakaan di jalan atau pencurian mobil. Maklumlah, mobil yang disewa bakal dibawa ke luar kota hingga beberapa waktu lamanya.

Penyewa tidak perlu repot memikirkan akomodasi pengemudi selama bertugas. Perusahaan persewaan mobil juga mengklaim mereka tidak akan sembarangan memilih pengemudi untuk mengantar Anda mudik. “Kami pilih pengemudi yang tahu betul rute dan sudah biasa beroperasi di daerah tujuan mudik penyewa,” jelas Teguh Wijayanto, Kepala Hubungan Masyarakat Blue Bird.

Biaya untuk pengemudi ini sudah termasuk biaya sewa mobil. Meski begitu, ada tambahan biaya kompensasi Idul Fitri hari pertama dan kedua bagi si supir. Ini lantaran si pengemudi harus bekerja di hari lebaran.

Besar biaya kompensasi ini berbeda tiap tahunnya. Teguh menuturkan, untuk tahun ini besar biaya belum ditentukan. Tapi, berkaca pada tahun lalu, biaya kompensasi ini mencapai Rp 60.000–Rp 70.000 per hari.

Berbeda lagi di TRAC. Salah satu unit usaha PT Serasi Autoraya ini mengizinkan penyewa memilih: ingin membawa sendiri kendaraannya atau memakai pengemudi. TRAC berani melepas kunci ke penyewa lantaran sudah cukup selektif dalam menerima penyewa.

Jadi, bila Anda menyewa mobil plus pengemudi di TRAC, Anda akan terkena biaya tambahan. Biaya tersebut, antara lain biaya jasa pengemudi sebesar Rp 23.100 per hari. Lalu ada biaya perjalanan Rp 57.200 per hari. Biaya ini muncul karena karena si supir harus pergi ke luar kota. Ada pula biaya akomodasi pengemudi sebesar
Rp 137.500 per malam.

Perusahaan persewaan mobil juga bakal menjamin perjalanan Anda pulang ke kampung halaman lancar. Termasuk bila mobil yang Anda sewa mengalami kerusakan di jalan, perusahaan penyewa sudah menyiapkan antisipasinya.

TRAC, misalnya, menyiapkan teknisi yang siap membantu Anda selama 24 jam sehari. Jadi, kalau di perjalanan mobil Anda mengalami masalah, Anda tinggal menghubungi jaringan TRAC yang terdekat dari posisi Anda. “Kalau kerusakan tidak bisa diperbaiki dalam waktu kurang dari empat jam, kami akan ganti mobilnya dengan mobil yang baru,” janji Doxa.

Blue Bird juga menjamin mobil yang rusak akan diganti dengan kendaraan pengganti. “Misalnya mobil sewa di Jakarta, lalu ada masalah di dekat Semarang. Mobil itu bisa langsung diganti dengan mobil yang ada di Blue Bird Semarang,” ujar Teguh.

Sumber Mingguan KONTAN, Edisi 23 - 29 Juli 2012