Profesi | HOME | Tokoh |

PESOHOR

Nafa Urbach pilih bisnis minuman cokelat

oleh : grace.olivia | Jumat, 24 November 2017 | 21:26 WIB

Nafa Urbach pilih bisnis minuman cokelat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Agustus lalu, pesinetron dan penyanyi Nafa Urbach kian disibukkan dengan usaha rintisannya di bidang kuliner. Alih-alih berbisnis kue seperti pesohor lainnya, Nafa memilih berbisnis waralaba minuman cokelat segar yang ia beri nama Nufnuf Sochoco.

Saat ditanya alasannya, Nafa mengaku berbisnis minuman jauh lebih mudah daripada kue atau makanan lain. "Kalau minuman itu enggak ribet, enggak perlu masak atau racik bumbu. Segmen pasarnya juga lebih luas," ungkap Nafa kepada Kontan.co.id.

Meski baru berjalan kurang dari tiga bulan, NufNuf Sochoco sudah membuka 30 gerai di berbagai kota di Indonesia, di antaranya Medan, Padang, Jakarta, Sukabumi, Surabaya, Lombok, hingga Manado.

Perempuan kelahiran Magelang, 15 Juni 1980 ini memang membuka hubungan kerja sama dengan mitra alias franchise untuk usahanya kali ini. Ia menyediakan paket tawaran franchise kepada calon mitranya dalam tiga harga yaitu 15 juta, 25 juta, dan 75 juta rupiah.

Semakin mahal paket, semakin lengkap fasilitas yang disediakan untuk mitra yang meliputi desain gerai, peralatan, dan bubuk minuman sebagai bahan dasar. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 200-an pendaftar yang mengantre untuk menjadi mitra franchise NufNuf Sochoco.

Meski banyak diminati, Nafa mengaku sudah mendapati beberapa mitra yang "nakal". Itu sebabnya, ia dan tim bisnis memutuskan lebih jeli dalam menyaring calon mitra berikutnya. "Ada yang setelah jalan sebulan, lalu enggak balik untuk beli bahan baku di aku lagi, padahal aturannya bubuk minuman itu kan wajib pakai suplai dari aku," keluhnya.

Kini, ia lebih selektif melihat penawaran, salah satunya dengan lebih mempertimbangkan mitra yang berniat membuka gerai di dalam mall. Aktris kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini pun menyadari, keputusannya membuka bisnis waralaba pasti datang dengan risiko, salah satunya harus ekstra cermat mengawasi setiap mitranya.

Ditanya soal omset bulanan sejauh ini, Nafa yang kini mulai kembali merambah dunia tarik suara belum mau terus terang. "Belum BEP kok, tapi aku punya target omset bulanan yang optimistis untuk setahun ke depan," tutur perempuan yang belum lama mendapat gelar Duta Sahabat Anak 2017 dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) ini.