Piala Dunia Grup F: Meksiko bisa tersingkir, Korea Selatan masih berpeluang lolos

Senin, 25 Juni 2018 | 13:37 WIB   Reporter: Willem Kurniawan
Piala Dunia Grup F: Meksiko bisa tersingkir, Korea Selatan masih berpeluang lolos

ILUSTRASI. Pertandingan Meksiko melawan Korsel


PIALA DUNIA 2018 - JAKARTA. Laga kedua fase group piala dunia 2018 Rusia telah berakhir. Beberapa group sudah mengirimkan perwakilannya, sementara beberapa lainnya baru bisa ditentukan setelah pertandingan laga ketiga fase grup.

Persaingan grup F sengit dan berpotensi memberikan kejutan. Grup yang dihuni Jerman, Meksiko, Swedia dan Korea Selatan belum bisa memastikan tim yang lolos ataupun tersingkir.

Korea Selatan meski menjadi juru kunci, masih berpeluang lolos apabila mampu mengalahkan Jerman dengan minimal selisih 2 gol dan pada saat bersamaan Meksiko menang atas Swedia lebih dari dua gol. Alhasil Korea Selatan akan memiliki tiga poin menyamai Jerman dan Swedia, namun unggul selisih gol.

Swedia lolos jika menang atas Meksiko, tanpa bergantung pada hasil laga Korea Selatan dan Jerman, atau setidaknya imbang dengan catatan Jerman kalah.

Meksiko gagal lolos jika ia kalah dari Swedia, dan Jerman menang atas Korea Selatan. Ketiganya akan sama-sama mengoleksi 6 poin, itu akan membuat ia berada di posisi ketiga, Jerman akan menjadi juara grup karena hasil pertemuan laga sebelumnya menang atas swedia dengan skor 2-1.

Jerman lolos jika menang satu selisih gol dari Korea Selatan dan Meksiko mengalahkan Swedia, atau imbang dengan catatan Swedia tidak menang atas Meksiko, serta opsi paling buruk kalah 1-0 dan Meksiko menang 1-0 atas Swedia. Jerman akan lolos mendampingi Meksiko yang mengoleksi 9 poin.

Sudah ada 6 tim dipastikan melaju ke fase knock out piala dunia 2018 Rusia, dan 8 tim dipastikan langkahnya terhenti diajang ini. Rusia, Uruguay, Prancis, Kroasia, Inggris dan Belgia dipastikan lolos tahap berikutnya. Arab Saudi, Mesir, Maroko, Peru, Kosta Rika, Tunisia, Panama dan Polandia dipastikan tersisih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru