HOME| Wisata| Rendezvous|

INDUSTRI PARIWISATA

Sail Sabang bakal berlayar mulai 28 November

oleh : Jane Aprilyani | Jumat, 28 Juli 2017 | 20:12 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Sail Sabang bakal berlayar mulai 28 November

JAKARTA. Sabang terus bersolek menyambut gelaran akbar Sail Sabang 2017 yang diselengarakan pada 28 November hingga 5 Desember.

Salah satunya yakni mempersiapkan lokasi acara yang berada di empat titik. Yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 km.
 
“Lokasi acara tersebut secara infrastruktur terus dipersiapakan secara matang, terutma unsur (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan sumber daya manusia. Sedangkan puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Lokasi itu juga rencananya akan dijadikan pelabuhan kargo,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi.
 
Reza mengatakan kunjungan wisatawan di Aceh saat atau sesudah Sail Sabang dapat memantik pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Oleh karena itu, konsep “Peumulia Jamee” dalam bahasa indonesia berarti memuliakan tamu harus diaplikasikan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah, sehingga akan datang kembali ke Aceh.

Keramahan masyarakat dan fasilitas akomodasi di Kota Sabang menjadi perhatian Pemerintah setempat.

"Intinya konsep Peumulia Jamee harus kita kedepankan karena ini merupakan konsep yang telah berkembang di tengah masyarakat Aceh secara turun temurun. Semakin kita muliakan, maka tamu akan semakin merasa nyaman dan akan kembali lagi ke Aceh,” ucapnya.
 
Sail Sabang 2017 memuat banyak kegiatan yang terpusat di teluk Sabang, tepatnya Terminal CT 3 BPKS Sabang.

Diantaranya menghadirkan KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci. Selanjutnya akan ada Internasional Yacht Rally, Tarian Massal, Sabang Wonderful Expo, dan Aceh Fun Dive,

"Menyambut kehadiran Islamic Cruise berkapasitas 2.000 wisatawan muslim yang akan sandar di terminal CT3 dan bertolak menuju Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh,” katanya.
 
Selain itu, juga ada kegiatan Jambore Iptek, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Underwater Contes, Kapal Pemuda Nusantara, Lomba Menulis Blog, Festival Kopi dan Kuliner, Eksebisis Paramotor, Parade Kapal Tradisional, Sendratari Keumalahayati, Aerobatic Show, City Tour Sabang-Banda Aceh, Lomba memancing serta beberapa event lainnya.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, bahwa Sail Sabang 2017 dikerjakan secara bersama Kemenko Maritim, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perhubungan, dan Kementrian PUPR yang akan menjadi acara sail terbesar tahun ini.

Acara ini diharapkan mampu menarik sekitar 100 kapal pesiar atau yacht.

"Terkait Sail Sabang, puncaknya 2 Desember akan jadi terbesar. Pasalnya akan ada 100 yacht yang akan datang, Nantinya peserta akan lebih banyak berasal dari Australia. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh kapal dari dalam negeri yaitu Kapal Pemuda Nusantara, Kapal Riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII,” ucapnya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (28/7).
 
Sail Sabang merupakan kolaborasi antara dua sail yakni Indonesia Sail dan Wonderful Indonesia Sail. Pemerintah telah menetapkan agenda wisata tahunan Sail Indonesia.

Dalam Sail Sabang 2017, semua peserta akan diajak mengarungi spot-spot eksotis dari Teluk Sabang, Pantai Iboih dan Gapang hingga Pulau Rondo dan kota Banda Aceh di Pulau Sumatera.

Kebanyakan peserta akan masuk ke Sabang dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand).

Mereka akan melewati dan singgah di Kupang, Badas, NTB,  Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, Bintan dan persinggahan lainnya.

Diperkirakan, semua peserta sudah masuk Sabang pada 1 Desember 2017. “Kita memberi kemudahan para yachter dengan fasilitas pelayanan satu atap,” kata Arief.
 
Dengan kemudahan tadi, menteri asal Banyuwangi itu yakin agenda Sail Sabang bakal banyak dilirik seluruh peserta dari dunia.

Apalagi, Sabang merupakan salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari. Sabang pun merupakan favorit para yachter dunia karena memiliki taman laut yang indah.

Lokasinya pun dekat dengan Langkawi, Phuket dan Singapura juga menjadi daya tarik lainnya bagi para yachter.

“Sabang sudah dikenal mancanegara karena beberapa kali menyelenggarakan acara skala international seperti Sabang Regatta dan mendapat sambutan antusias, ” kata Arief.



0 Komentar
Salin Tulisan