HOME| Wisata|

INDUSTRI PARIWISATA

Susuri wisata lidah sampai Negeri Laskar Pelangi

oleh : Ghina Ghaliya Quddus | Sabtu, 13 Mei 2017 | 18:25 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Susuri wisata lidah sampai Negeri Laskar Pelangi

SEMENJAK menjadi latar film Laskar Pelangi, pamor Pulau Belitung semakin bersinar. Pulau Laskar Pelangi ini tak hanya menawarkan pantai yang memukau, melainkan juga pengalaman kuliner yang bikin lidah bergoyang.

Perjalanan ke Pulau Belitung juga tak memakan waktu. Dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat terbang menuju Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Tiket Jakarta ke Belitung dibanderol Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

Begitu sampai di Belitung, Anda bisa langsung mencicip Mie Atep yang lokasinya ada di tengah Kota Tanjung Pandan, Belitung. Mi seafood ini dilengkapi kuah kaldu yang menggoda lidah, ditambah dengan kentang dan emping yang gurih. Sepiring Mi Atep dibanderol Rp 10.000. Terjangkau bukan?

Selain makan Mie Atep, destinasi pertama yang bisa Anda datangi sebelum check-in ke penginapan adalah Danau Kaolin. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari Kota Tanjung Pandan untuk sampai ke Danau Kaolin. Air danau yang berwarna biru tosca yang dikelilingi dengan batu-batuan berwarna putih seperti salju menjadi daya tarik bagi para pelancong.

Bila perut sudah terisi, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Belitung Timur dan mengarah ke Pantai Serdang. Di tepi pantai, berjajar warung yang menjajakan seafood. Salah satu kudapan yang harus dicoba di Pantai Serdang adalah Gangan. Ini adalah sup ikan ala Belitung dengan kuah berwarna kuning. Rasanya segar dan manis karena dilengkapi buah nanas.

Masih di Belitung Timur, Anda bisa menikmati kopi khas Belitung di Kampung Ahok di sore hari, lalu mengunjungi replika SD Laskar Pelangi. Esok harinya, bersiaplah bangun pagi karena pantai dengan pemandangan indah telah menunggu.

Untuk berkeliling pulau, Anda bisa menyewa kapal dari Tanjung Kelayang seharga Rp 400.000-Rp 500.000 untuk kapasitas 10 orang. Jika pergi dalam kelompok kecil, Anda bisa mengajak wisatawan lain untuk berbagi ongkos kapal.

Pulau pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Batu Berlayar. Perpaduan pasir putih, batuan granit, serta air laut yang biru tenang menciptakan pemandangan pantai yang bikin enggan beranjak.

Pantai lain yang bisa dijangkau dengan menggunakan perahu adalah Pulau Pasir. Tapi, pulau ini hanya bisa dikunjungi saat air laut sedang surut karena pantai ini akan tertutup air bila air laut pasang.

Selanjutnya, Anda wajib ke Pulau Lengkuas. Di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan dari atas mercusuar. Meski lelah karena harus menaiki 18 lantai untuk sampai ke atas, tapi hal itu akan terbayar ketika disuguhi pemandangan pantai berair biru jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Anda juga bisa ber-snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Usai menjelajahi pulau, Anda bisa menikmati hidangan laut di Pulau Kepayang. Bermacam hidangan laut, mulai udang, cumi, ikan, dan kepiting bisa dinikmati dalam berbagai olahan, mulai direbus seperti sup, dibakar, atau digoreng. Sebagai penutup, Anda bisa memesan kelapa muda.

Yuk, datang ke Belitung.



0 Komentar
Salin Tulisan