Taufik Ismail singgung Pokemon GO dalam puisinya

Senin, 25 Juli 2016 | 05:05 WIB Sumber: Antara
Taufik Ismail singgung Pokemon GO dalam puisinya


BOGOR. Game Pokemon GO lagi-lagi jadi pembicaraan, bahkan sastrawan Indonesia sekelas Taufik Ismail menjadikan game ini sebagai bahan puisinya yang dibacakannya dalam acara Gerakan Kebaikan Keluarga Indonesia, di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/7).

Puisi yang berkisah tentang keluarga Indonesia dibacakan Taufik dari kitap tebal yang berisi catatan-catatan puisinya dihadapan ratusan tamu undangan.

Turut hadir Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB Arif Satria, Ketua Perkumpulan Penggiat Keluarga (GiGa) Prof Euis Sunarti, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Gunarti Kumolo, Asisten Deputi Ketahanan dan Kesejahteran Keluarga, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Rudoro Susanto, dan tamu lainnya.

Isi puisi tersebut berkisah tentang seorang anak yang mengenal Taufik lalu menanyakan kepadanya apakah manusia itu hidup mengejar waktu atau waktu yang mengejar manusia. Pertanyaan tersebut menggugah maestro penyair tersebut hingga mengabadikannya dalam sebuah karya sastra.

Pada pertemuan kedua kalinya ketika sang anak tumbuh dewasa, percakapan antara Taufik dan pemuda itupun kembali terjadi. Hingga sebuah pertanyaan muncul tentang apa perbedaan antara kehidupan zaman dulu dengan zaman sekarang.

Melalui puisinya Taufik menjawab dengan makna yang mengandung unsur kritik sosial.

"Di zaman dulu ketika belum ada korupsi, belum ada kekerasan terhadap perempuan, belum ada potongan 10 persen, belum ada tawuran, belum ada dana fiktif, belum ada beramai-ramai menghabiskan anggaran akhir tahun, belum ada potongan 20 persen, belum ada yang namanya tawuran, belum ada yang namanya Pokemon GO," kata Taufik.

Zaman dahulu, lanjut Taufik yang ada hanya keikhlasan dan kesederhanaan, Model-model Indonesia dahulu digerakkan kebaikan, keikhlasan yang dapat membawa kebahagiaan. "Kita dulu hidup dalam kebikhlasan dan kesederhanaan," katanya.

Ketika ditanya alasan memasukan Pokemon dalam bait puisinya, Taufik beralasan bahwa Pokemon GO adalah fenomena yang terjadi di masa sekarang.

"Puisi saya ini membandingkan masa dulu dan masa sekarang. Dulu itu seperti apa, dan Pokemon GO ini adalah produk masa sekarang," katanya.

Demam Pokemon Go melanda Indonesia, meskipun permainan ini belum resmi diluncurkan tapi sudah banyak yang sibuk dengan telepon pintarnya. Game berbasis "augmented reality" menjadi menarik karena pemainnya dapat terpacu untuk menangkap tokoh Poket Monsters (Pokemon) yang lokasinya disesuaikan dengan dunia nyata.

Banyak pemberitaan yang menyebutkan ketika pemainnya terpaku dengan gawainya, kesadaran akan sekeliling seakan hilang. Hal ini mengandung resiko entah bertabrakan, menerobos properti orang lain, bahkan melanggar wilayah yang dinilai sebagai tempat suci, sakral dan juga tempat yang pusat keamanan tinggi.

Taufik membacakan tiga puisi yang berkisah tentang Keluarga Indonesia. Puisi pertama tentang bagaimana seorang anak menghormati ibunya, yang telah melahirkannya dan membersarkannya. Bagaimana sehendaknya seorang anak memuliakan orang tuanya di hari ulang tahunnya.

Menurut Taufik, Gerakan Kebaikan Keluarga Indonesia yang diusung GiGa harus didukung. Kegiatan tersebut merupakan gerakan hebat dalam mengembalikan keluarga Indonesia menjadi keluarga yang penuh kebaikan dan kesederhanaan.

"GiGa melakukan kegiatan yang hebat, kita harus dukung. Untuk bisa kembali hidup dalam kebaikan dan kesederhanaan, kuncinya tetaatan kepada Agama," katanya.

Berikut puisi pertama yang dibacakan Taufik Ismail dalam Gerakan Kebaikan Keluarga Indonesia.

Berilah Kado Bagi Ibunda Di hari ulang tahu kita jangan minta kado pada ibu kita, Ingat derita ibu mengandung, melahirkan kita.

Ingat susahnya ibu membesarkan, mendidik kita.

Sembilan bulan ibu mengandung kita, beban berat ditanggungkannya.

Ketika bayi lahir ibu berdarah-darah, ketika bayi lahir ibu menyambung nyawa antara hidup dan mati Ibu menderita...

Di hari ulang tahun kita, tidak pantas minta kado pada ibu kita Di hari ulang tahun kita, berilah kado pada ibunda.

Di hari ulang tahun kita, tidak pantas minta kado pada ibu kita.

Di hari ulang tahun kita, berilah kado pada ibunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru