PSSI terbitkan wacana kompetisi Liga 1 2020 tanpa degradasi

Jumat, 12 Juni 2020 | 13:04 WIB Sumber: BolaSport
PSSI terbitkan wacana kompetisi Liga 1 2020 tanpa degradasi

ILUSTRASI. Para perwakilan pesepak bola dari klub peserta Shoppe Liga 1 2020. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.


SEPAK BOLA - JAKARTA. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan alasan perubahan regulasi Liga 1 2020 yang digelar tanpa degradasi. Shopee Liga 1 2020 akan segera dimulai kembali di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia.

Kompetisi di kasta tertinggi sepak bola nasional tersebut rencananya akan dimulai kembali pada September atau Oktober mendatang. Namun, pelaksanaan Liga 1 2020 akan mengalami sejumlah perubahan regulasi, termasuk penghapusan degradasi.

Baca Juga: Putusan banding Manchester City bakal diumumkan Juli 2020

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh LPEM FEB Universitas Indonesia, Kamis (11/6/2020), Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan alasan di balik perubahan regulasi tersebut. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan bahwa penghapusan degradasi didasari pada rasa keadilan.

"Mengapa tidak ada degradasi? Kami kasihan nanti jika ada tim yang berasal dari daerah terdampak COVID-19 dan tidak maksimal mainnya. Nanti tim tersebit turun kasta," ujar Iwan Bule seperti dikutip Bolasport.com dari Antara.

Iwan Bule menambahkan bahwa wacana tentang penghapusan degradasi berkaca pada pelaksanaan Liga Jepang. Seperti diketahui, Liga Jepang atau J League memulai kembali kompetisi di tengah pandemi COVID-19 dengan memutuskan untuk menghilangkan degradasi musim ini.

Meski tak ada sistem turun kasta, PSSI tetap akan memberikan promosi untuk dua tim Liga 2 yang menjadi juara dan runner-up. Jika sistem anyar tersebut jadi diberlakukan, maka Liga 1 2021 akan diikuti oleh 20 peserta. "Keputusan itu kita ambil setelah melihat dari kompetisi negara-negara lainnya seperti Jepang dan lainnya," katanya.

Baca Juga: Lionel Messi siap beraksi saat Barcelona lawan Mallorca pada Minggu (14/6)

Penghapusan degradasi sendiri masih berupa wacana dan belum menjadi keputusan final yang diambil oleh PSSI. Terlebih, beberapa pihak masih menentang wacana itu dengan alasan melanggar statuta PSSI. 

Oleh sebab itu, PSSI masih akan membahas segala penyesuaian supaya Liga 1 2020 bisa berjalan kembali tanpa masalah. "Walaupun ada yang memprotes itu tidak ada di statuta, tapi kami koordinasi dengan semua pihak dan berkaca di sepak bola Jepang," tandas Iwan Bule.

Artikelini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Demi Keadilan, PSSI Terbitkan Wacana Liga 1 2020 Tanpa Degradasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru