10 Aplikasi Android Ini Ternyata Palsu, Diam-Diam Membahayakan Pengguna

Sabtu, 26 Maret 2022 | 10:35 WIB Sumber: Phone Arena
10 Aplikasi Android Ini Ternyata Palsu, Diam-Diam Membahayakan Pengguna


KONTAN.CO.ID - Sejumlah aplikasi Android ini ternyata palsu, diam-diam telah membahayakan dan merugikan ratusan ribu pengguna. Cek HP Anda, berikut daftar 10 aplikasi Android yang menipu penggunanya.

Aplikasi umumnya diciptakan oleh pengembang untuk mempermudah pengguna. Alih-alih mempermudah pekerjaan seseorang, aplikasi Android ini ternyata palsu, bahkan cenderung berbahaya.

Daftar Isi

Ini adalah ulah oknum yang tidak bertanggungjawab dengan memasang malware di beberapa aplikasi Android palsu. 

Alih-alih memasang aplikasi Android karena fungsinya yang meringankan pengguna, justru berujung data pribadi hingga tabungan pengguna yang menjadi ancaman. 

Mengutip dari Phone Arena (22/3), pakar keamanan siber Doctor Web dan situs Bleeping Computer melaporkan temuannya soal aplikasi yang berbahaya ini. Aplikasi Android yang berbahaya ini diciptakan oleh perusahaan palsu bernama Tsaregorotseva. 

Baca Juga: Cara Download OBS Studio Lewat Steam, Aplikasi Gratis di Laptop Buat Record/Streaming

Perusahaan palsu ini telah merilis aplikasi Android lewat Google Play Store dengan nama Top Navigation dan Advice Photo Power. Mirisnya lagi, aplikasi tersebut telah dipasang mulai dari 100.000 hingga 500.000 pengguna di seluruh dunia. 

Artinya, ratusan ribu penggunanya mungkin telah menjadi korban dari aplikasi Android palsu ini. Berkedok sebagai aplikasi ala Google Map yang dapat menunjukkan lokasi dan aplikasi edit foto, ratusan ribu penggunanya termakan taktik penipuan dan iklan palsu.

Aplikasi itu menggunakan nama yang mungkin diincar oleh pengguna karena fitur yang mereka cari. Setelah itu, aplikasi akan bertindak secara diam-diam membuat penggunanya berlangganan layanan palsu tanpa sepengetahuan dari rekening bank setiap minggu.

Menurut peneliti dari Dr. Web, tidak hanya satu atau dua aplikasi Android berbahaya yang ditemukan di Google Play pada Januari lalu.

Dan, aplikasi berbahaya itu tidak hanya mengambil uang penggunanya secara diam-diam. Tetapi juga mencuri informasi pribadi, kata sandi atau password, nomor telepon, bahkan akun Facebook.

Baca Juga: Jangan Maksa Pakai Windows 11 Bila Spek Tak Mendukung, Microsoft Beri Watermark Ini

Segera cek HP Anda, apakah ada aplikasi Android yang berbahaya ini. Berikut daftar 10 aplikasi Android berbahaya yang wajib dihapus.

Daftar 10 Aplikasi Android berbahaya yang wajib dihapus:

Aplikasi Android palsu yang berbahaya

  1. Up Your Mobile
  2. Morph Faces
  3. Power Photo Studio
  4. Launcher iOS 15
  5. Adorn Photo Pro
  6. Chain Reaction
  7. TOH
  8. Invest Gaz Incomes
  9. Gazprom Invest
  10. Gaz Investor

Sekali lagi, perlunya hati-hati saat memasang aplikasi Android supaya terhindar dari hal-hal yang merugikan. Bila hendak download aplikasi, simak dulu review pengguna dan pastikan juga aplikasi tersebut berasal dari developer ternama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru