CLOSE [X]

10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Selasa, 19 April 2022 | 10:44 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Daun pepaya.


KONTAN.CO.ID - Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tahukah Anda daun pepaya juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan?

Tak hanya buahnya saja, daun pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran daun pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mempunyai rasa yang pahit, daun pepaya kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional seperti lotek, pecel, hingga dijadikan sayuran pelengkap berbagai makanan yang ditumis. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata dan Pelihatan Anda, Hati-Hati!

Lantas apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, di antaranya: 

1. Mengobati Demam Berdarah

Jus daun pepaya adalah salah satu pengobatan yang efektif untuk demam berdarah. Seiring dengan obat-obatan allopathic, obat tradisional ini bekerja secara ajaib untuk menurunkan suhu tubuh. Demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit. 

Studi di Malaysia membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya berkontribusi pada produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit. Hal tersebut juga mencegah komplikasi demam berdarah seperti ruam di seluruh tubuh, pendarahan, dll. 

2. Mencegah Infeksi Malaria

Selain dapat mengobati demam berdarah, Daun pepaya juga bagus untuk mencegah infeksi malaria. Daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin yang mencegah penyakit seperti malaria atau demam berdarah.

3. Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Enzim papain yang ada dalam daun pepaya membantu proses pencernaan yang mudah dengan memecah protein. 

Dengan meminum segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan lain-lain.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

4. Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat antikanker. Kandungan tersebut bermanfat untuk mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. 

Sesuai penelitian, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir pertumbuhan sel kanker.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru