10 Pilihan Warna Pintu Rumah Menurut Feng Shui, Beserta Artinya Masing-masing

Senin, 22 Agustus 2022 | 15:13 WIB   Penulis: Arif Budianto
10 Pilihan Warna Pintu Rumah Menurut Feng Shui, Beserta Artinya Masing-masing

ILUSTRASI. 10 Pilihan Warna Pintu Rumah Menurut Feng Shui, Beserta Artinya Masing-masing


FENG SHUI - Jakarta. Inilah 10 warna pintu rumah menurut Feng Shui, beserta artinya masing-masing. Warna pintu depan ternyata dapat meningkatkan daya tarik rumah Anda, lho.

Apa jadinya jika rumah tanpa pintu? Terlihat aneh, bukan?

Pintu adalah salah satu bagian penting di dalam rumah. Dikutip ddari Homesandgardens, pintu rumah mewakili wajah yang Anda tunjukkan kepada dunia.

Oleh karena itu, kita juga tidak boleh sembarangan dalam memilih desain hingga warna pintu rumah. Dalam Feng Shui, pintu depan rumah adalah salah satu area terpenting.

Bila Anda membutuhkan ide warna untuk pintu depan rumah, mungkin beberapa pilihan warna berikut ini dapat dipertimbangkan. Menurut Feng Shui, warna-warna pintu rumah ini juga memiliki arti masing-masing.

Berikut ini 10 pilihan warna pintu rumah menurut Feng Shui, lengkap dengan artinya masing-masing.

Baca Juga: 5 Kunci Utama Dekorasi Rumah Menurut Feng Shui, Cocok Jadi Referensi

Pintu rumah

1. Hitam untuk menarik energi positif

Ide pintu depan rumah yang menghadap ke utara adalah berwarna hitam yang menanamkan energi positif dan hubungan baru dengan alam. Ini juga berkaitan dengan elemen air dalam Feng Shui yang mewakili kebijksanaan, kedewasaan, dan penyembuhan.

Air juga terhubung ddengan koneksi sosial Anda, jadi hitam bisa menjadi warna yang mendukung hubungan dan menjalin komunikasi.

2. Biru untuk memulai sesuatu yang baru

Apabila pintu rumah Anda menghadap utara, warna biru juga menarik untuk dipilih. Ide pintu depan berwarna biru, mulai dari biru langit, biru laut hingga ke arah warna biru kobalt menghadirkan ketenangan ke rumah mana pun karena semuanya berada di ujung spektrum yang lebih dingin, dan terlihat apalagi jika tinggal di perkotaan.

Warna biru juga mewakili elemen kayu, yang mendukung pertumbuhan, pengetahuan, dan awal yang baru.

Bila Anda tertarik dengan warna biru yang lebih tua, ini dapat menjadi pasangan serasi apabila hunian Anda bergaya tradisional.

3. Hijau melambangkan pertumbuhan

Pintu depan berwarna hijau menjanjikan untuk memperbarui hubungan Anda dengan alam dan didkatakan membangkitkan perasaan keseimbangan, semangat, dan keberuntungan.

Pringsip Feng Shui menyarankan Anda untuk mengecat pintu dengan warna hijau jika rumah menghadap ke arah timur.

Hijau pada umumnya adalah warna yang menenangkan. Menjadi warna yang mewakili alam, itu salah satu membuat kita merasa baik ddan positif.

Warna hijau ini juga mewakili elemen kayu yang akan mengundang peluang baru ke dalam hidup Anda, serta mendorong pertumbuhan, ekspansi, dan kebaikan.

4. Warna abu-abu jika rumah menghadap ke barat

Dekorasi dengan warna abu-abu diketahui menjadi sebuah keharusan dalam desain interior. Tidak dapat dipungkiri, abu-abu adalah warna netral yang baru namun tahan lama, warna yang keren ini akan menambahkan tepi kontemporer, keanggunana dan penyempurnaan pada pintu depan.

Warna abu-abu juga merupakan pilihan bagi siapa saja yang menginginkan nada yang mudah dalam hidup.

Warna ini mewakili elemen logam, jadi ini adalah skema warna yang terkait dengan tekad, kemandirian, dan kecanggihan. Selain itu, warna abu-abu juga terkait dengan perjalanan dan bantuan.

5. Putih untuk kebersihan dan kesucian

Membangkitkan kemurnian dan kebersihan di samping kepercayaan diri dan kecanggihan, putih adalah warna yang sangat serbaguna dalam interior dan eksterior rumah.

Dalam Feng Shui, warna putih ini terhubung dengan elemen logam yang melambangkan ketepatan, komunikasi, dan kebahagiaan. Rumah yang menghadap ke arah barat juga terikat pada elemen ini.

Baca Juga: Feng Shui: Inilah Warna yang Harus Dihindari di Ruangan Kamar Tidur

6. Pemanasan dengan warna merah

Meskipun warna merah mungkin terdengar sebagai pilihan yang dramatis, namun ini layak untuk dipertimbangkan.

Merah adalah warna yang paling makmur dalam Feng Shui, serta pilihan warna yang menarik dan dominan untuk tranosformasi energi negatif. Merah juga terhubung dengan elemen api, yang mewakili gairah, aspirasi dan kehangatan.

Berkaitan dengan Feng Shui, warna merah ini cocok untuk rumah yang menghadap ke selatan.

7. Pink mewakili kegembiraan

Mungkin tidak semua orang memilih warna pink untuk pintu depan rumah mereka. Namun, warna ini cocok untuk pintu rumah yang menghadap ke selatan.

Namun bila Anda suka dengan warna pink, ada baiknya untuk disandingkan dengan warna netral lainnya, seperti hitam untuk membuatnya terlihat elegan.

8. Coklat sebagai warna penyeimbang

Warna coklat ini kabarnya kembali populer di tahun 2022 setelah sebelumnya menjadi tren di tahun 70-an. Dalam Feng Shui, coklat dan warna netral lainnya berhubungan dengan elemen tanah dan digunakan untuk menyeimbangkan, menstabilkan dan memelihara seluruh penghuni rumah.

9. Warna kuning untuk optimisme

Dalam filosofi Feng Shui, kuning adalah warna optimisme. Penggunaan warna kuning dapat menciptakan eksterior yang lembut dan membangkitkan semangat pada saat yang bersamaan.

Ini membawa kita kembali ke hari-hari bermandikan sinar matahari yang panjang di wilayah mediterania, pemilihan warna kuning juga dapat membuat semangat ketika hari-hari yang suram.

Warna kuning juga merepresentasikan stabilitas, harmoni dan keberakaran yang terhubung dengan elemen tanah. Perlu diperhatikan, warna kuning terbilang sulit untuk disandingkan dengan warna lainnya.

10. Ungu yang terlihat estetik

Menurut Feng Shui, penggunaan warna ungu dapat digunakan pada pintu depan yang menghadap ke arah selatan. Ini dapat menciptakan estetika yang berani dan indah. 

Menginatkan pada pemandangan pedesaan, warna ungu yang lembut seperti lavender juga dapat memiliki nuansa terapeutik yang indah untuk eksterior.

Bila Anda ingin mendapatkan keberutungan, dalam prinsip Feng Shui warna merah dianggap sebagai keberuntungan untuk pintu depan. Merah melambangkan keberuntungan, perlindungan, dan melambangkan energi api.

Warna merah juga merupakan kekuasaan dan otorritas.

Jadi pilihan warna mana yang cocok dengan pintu depan rumah Anda? Silahkan pertimbangkan ide pilihan warna Feng Shui yang masing-masing memiliki arti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru