10 Skill Ini Bisa Bikin Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Simak Apa Saja

Selasa, 21 Maret 2023 | 05:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 Skill Ini Bisa Bikin Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Simak Apa Saja


MENCARI KERJA -  Setelah lulus dari bangku pendidikan, lulusan baru atau fresh graduate tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Agar keinginan tersebut bisa terwujud, Anda perlu membekali diri dengan skill atau kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Seiring perkembangan zaman, dunia kerja juga ikut berkembang. Saat ini banyak perusahaan yang mencari kandidat calon pekerja yang memiliki berbagai skill atau kemampuan untuk menunjang pekerjaannya. 

Agar pekerja atau pencari kerja bisa mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan, Anda perlu membekali diri dengan beragam skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. 

Baca Juga: 5 Website Ini Punya Template CV Online yang Menarik dan Gratis, Cek Apa Saja

Selain hard skill, pekerja juga perlu mengasah soft skill agar bisa bersaing di dunia kerja masa depan. Apa saja skill yang wajib dipelajari oleh pencari kerja? Simak rangkumannya dari situs Institut Teknologi Batam (Iteba) berikut ini.

Skill yang dibutuhkan perusahaan di masa depan

1. Komputer dasar

Kemampuan komputer dasar seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point dan lainnya merupakan hal dasar yang wajib dikuasai pekerja. 

Hal ini diperlukan mengingat semua perusahaan saat ini pasti akan menggunakan komputer dan tentu ini menjadi poin penting yang harus pencari kerja kuasai saat ini.

2. Pelayanan konsumen dan komunikasi

Banyak yang mengira bahwa kemampuan pelayanan dan komunikasi hanya dibutuhkan untuk profesi customer service atau sales

Padahal saat ini pelayanan konsumen dan komunikasi adalah skill wajib yang harus dimiliki oleh semua karyawan. Karena semua orang di dalam perusahaan akan bertemu dengan lebih satu orang, dengan berbagai macam karakter. 

Kemampuan pelayanan konsumen dan komunikasi tentu sangat diperlukan agar tidak terjadi miss-komunikasi antara satu dengan lainnya.

3. Kemampuan IT

Sama seperti kemampuan komputer dasar, kemampuan IT umum seperti mencetak dokumen, mengcopy dokumen, mengakses email, mengakses sistem komputer, mengakses Google dan mengakses media sosial setidaknya bisa pelajari dan dan dikuasai pekerja. 

Tentunya kemampuan IT ini akan mempermudah dan sangat diperlukan oleh semua perusahaan saat ini.

Baca Juga: Daftar Jurusan di UI yang Sepi Peminat Tahun 2022, Rekomendasi SNBT 2023

4. Kemampuan Bahasa Asing

Banyaknya investor asing dalam dunia kerja saat ini membuat soft skill ini banyak dibutuhkan di dunia kerja saat ini. 

Selain itu kemampuan bahasa memang sangat diperlukan untuk memperlancar komunikasi dan menjadi standar utama oleh semua perusahaan di era sekarang untuk mencari karyawan.

5. Kemampuan Design Grafis

Hard skill yang berhubungan dengan desain saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Karenanya kemampuan design grafis adalah satu skill yang diperlukan wajib yang harus dimiliki oleh sebagian besar perusahaan. 

Kemampuan mampu mendesian untuk beberapa platform pasti akan diperlukan oleh beberapa perusahaan saat ini.

6. Kemampuan menulis

Kemampuan satu ini wajib untuk semua calon karyawan saat ini. Ketika bekerja, seorang karyawan akan lebih sering menulis dibandingkan aktivitas apapun, seperti menulis surat, dan lain-lain.

7. Fast learning

Kemampuan satu ini sangat diperlukan agar karyawan bisa menyerap suatu informasi dan mempelajari nya dengan baik dan cepat. 

Dengan memiliki skill belajar dengan cepat juga membantu Anda saat ada perubahan atau penambahan tanggung jawab kerja yang sering terjadi.

8. Presentasi

Kemampuan presentasi diperlukan karena dalam setiap karyawan akan melakukan presentasi di setiap adanya pertemuan atau meeting, seperti dalam pertemuan dengan klien, dan pertemuan dengan atasan.

Baca Juga: Berapa Biaya Pendaftaran SNBT 2023? Cek Biaya, Syarat, dan Materi Tes Jalur SNBT Ini

9. Manajemen tim/Kepemimpinan

Meskipun belum menjadi seorang leader atau supervisor, kemampuan manajemen tim sangat diperlukan agar seseorang bisa mengatur timnya dengan baik agar menjadi tim yang baik di sebuah perusahaan. 

Tujuan memiliki kemampuan ini adalah juga untuk mengendalikan amarah diri sendiri, itu sudah menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri.

10. Analisis Masalah

Menganalis masalah adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki lainnya. Skill ini mampu mengajarkan Anda bagaimana menganalisis semua permasalahan yang baik dan benar hingga menyelesaikan konflik yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru