14 homestay di Toba Samosir butuh pendanaan

Minggu, 26 November 2017 | 15:25 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
14 homestay di Toba Samosir butuh pendanaan


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau banyak lokasi penting terkait kesiapan Danau Toba, sebagai destinasi prioritas. Seusai mendampingi Presiden Jokowi di Peresmian Terminal Internasional Bandara Silangit, dia langsung mendatangi Desa Sigapiton, Kabupaten Toba Samosir terletak di pinggir timur Danau Toba.

Ini adalah sebuah desa kecil yang dijadikan desa pilot project untuk Pengembangan Homestay Desa Wisata oleh Kementerian Pariwisata. Sekitar sebulan lalu telah berdiri dua unit Homestay ‘Jabu Na Ture yang merupakan percontohan homestay yang dibuat dari bahan bambu.

Pembangunan homestay ini didanai oleh Kementerian Pariwisata untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mempertahankan ciri khas setempat atau Arsitektur Nusantara. Untuk selanjutnya pembangunan homestay sangat terbuka untuk didanai oleh Investor lainnya.

Dalam pertemuan dengan kelompok sadar wisata (PokDarWis) di desa tersebut, diketahui bahwa terdata 14 unit homestay yang membutuhkan bantuan peremajaan dari sisi interior. Untuk itu Kementerian Pariwisata akan mendukung 20 paket peremajaan interior homestay yang akan diberikan selambat-lambatnya bulan Desember 2017. Sementara itu, untuk revitalisasi bangunan dan toilet, Menpar akan berkoordinasi dengan K/L teknis terkait seperti PUPR.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru