172 Gol Tercipta, Qatar 2022 Jadi Piala Dunia Tersubur Sepanjang Masa

Senin, 19 Desember 2022 | 12:43 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
172 Gol Tercipta, Qatar 2022 Jadi Piala Dunia Tersubur Sepanjang Masa

ILUSTRASI. Al Rihla, bola resmi Piala Dunia Qatar 2022


PIALA DUNIA 2022 - JAKARTA. Laga final Piala Dunia Qatar 2022 yang mempertemukan Argentina vs Prancis sekaligus menetapkan rekor baru dalam sejarah Piala Dunia.

Piala Dunia edisi Qatar 2022 menjadi Piala Dunia dengan koleksi gol terbanyak, yaitu 172 gol.

Di partai final saja, ada enam gol yang tercipta. Dua gol dari Lionel Messi, satu gol dari Angle Di Maria, dan tiga gol dari Kylian Mbappe.

Enam gol tambahan di partai final membuat rekor sebelumnya pecah. Ada 171 gol pada Piala Dunia edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014. 

Baca Juga: Dua Rekor Ini Dipecahkan Lionel Messi di Menit yang Sama pada Final Piala Dunia 2022

Salah satu finalis edisi tahun ini, yaitu Prancis, sukses jadi kontestan paling produktif dengan 16 gol dalam tiga pekan turnamen berjalan.

Argentina ada di posisi kedua daftar tim tersubur dengan koleksi 15 gol. Di peringkat ketiga ada Inggris yang mengoleksi 13 gol. Sayangnya, langkah Inggris terhenti di babak 8 besar.

Dua tim lain yang berhasil menorehkan dua digit gol adalah Portugal dengan 12 gol dan Belanda dengan 10 gol. Tim besar seperti Spanyol dan Brasil masing-masing hanya mampu meraih 9 dan 8 gol di Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: Cetak Hattrick & Gol Terbanyak Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe Raih Golden Boot

Di luar catatan menarik soal tingginya angka gol, nyatanya ada beberapa negara yang hanya mampu mencetak satu gol dalam kompetisi ini.

Lima negara yang hanya mampu membawa pulang satu gol adalah Qatar, Belgia, Denmark, Tunisia dan Wales. Kelimanya juga harus pulang lebih awal karena gagal lolos dari penyisihan grup.

Untuk urusan pencetak gol terbanyak, Kylian Mbappe adalah juaranya. Tiga golnya di babak final membuatnya mengoleksi 8 gol, unggul satu gol dari Messi di posisi kedua. Mbappe pulang dari Qatar dengan penghargaan Golden Boot di usia 23 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru