3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula

Kamis, 16 Juli 2020 | 14:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula

ILUSTRASI. Cara merawat kucing cukup mudah, yaitu dengan memberi makan, menyediakan kandang, dan memberikan perawatan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapat dari memiliki hewan peliharaan adalah kesehatan mental Anda bisa terjaga. Salah satu jenis hewan yang bisa Anda jadikan peliharaan adalah kucing. Cara merawat kucing ada banyak. Mulai dari menyediakan makan, merawat bulu dan anggota tubuh kucing, obat-obatan, dan lain sebagainya.

  • Makanan Kucing

Salah satu cara merawat kucing dasar yang perlu Anda perhatikan adalah memilih makanan kucing. Dilansir dari Masyarakat Anti Kekerasan Terhadap Hewan (aspca.org), kucing harus diberi makanan yang berkualitas.

Kebutuhanan makanan kucing disesuaikan dengan usia, level kesehatan, dan banyaknya aktivitas yang dilakukan kucing. Bacalah komposisi makanan kucing. Jika ada komposisi yang belum Anda ketahui, tanyakanlah kepada dokter hewan agar kesehatan kucing tetap terjaga.

3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula.

Baca Juga: Inilah cara mudah mengatasi kesehatan mental

Selain menyediakan makanan kucing berkualitas, Anda juga harus menyediakan air bersih. Pastikan air bersih untuk diminum kucing selalu tersedia, ya. Saat kucing mengalami diare, muntah, atau lesu selama lebih dari dua hari, segera bawa kucing ke dokter hewan agar bisa ditangani dengan tepat.

  • Perawatan Kucing

Mesi terlihat selalu bersih dan tidak butuh banyak dimandikan, tapi Anda tetap harus melakukan perawatan kucing. Sisir atau sikat bulu kucing secara rutin. Hal itu perlu Anda lakukan agar bulu kucing selalu bersih dan terhindar dari kotoran yang menggumpal.

Aspca.org juga memberikan imbauan kepada pemilik kucing untuk membawa kucing ke dokter hewan minimal satu kali dalam satu tahun. Hal tersebut wajib Anda lakukan agar kucing bisa tetap sehat. Dengan mengunjungi dokter hewan, kucing bisa mendapat pemeriksaan kesehatan dan suntikan rutin.

3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula

Baca Juga: Catat baik-baik, ini tips memakai skin care saat pandemi corona

  • Kandang Kucing

Saat memiliki kucing sebagai hewan peliharaan, Anda perlu menyediakan kandang kucing. Kandang kucing dipakai sebagai tempat tidur dan istirahat. Aspca.org menjelaskan, Anda bisa menyediakan handuk atau selimut lembut dalam kandang kucing.

Jangan lupa untuk membersihkan kandang kucing secara rutin. Pastikan pula untuk menempatkan kandang kucing dalam rumah Anda. Jika Anda meletakkan kandang kucing di luar rumah, dikhawatirkan kucing tidak bisa lama untuk bertahan hidup.

Kucing yang memiliki kandang di luar lebih mudah terkena trauma, baik dari kendaraan yang berlalu-lalang atau dari serangan kucing yang lain. Tak hanya itu, kutu juga lebih mudah hinggap pada kucing yang memiliki kandang di luar rumah.

3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula

Editor: Belladina Biananda
Terbaru