4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Dinding, Interior Rumah Jadi Menawan!

Minggu, 26 Desember 2021 | 10:30 WIB   Reporter: Kania Paramahita
4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Dinding, Interior Rumah Jadi Menawan!

KONTAN.CO.ID - Warna dinding merupakan salah satu komponen penting dalam interior rumah. Pasalnya, warna-warna tertentu dapat menghadirkan suasana yang melengkapi penampilan rumah.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mengombinasikan warna cat di suatu ruangan. Jika sembarangan dikombinasikan, interior rumah Anda bisa tampak kurang menarik sehingga tidak nyaman ditempati.

Nah, kira-kira apa saja hal yang harus diperhatikan saat mengombinasikan warna cat dinding? Berikut tipsnya untuk Anda.

Manfaatkan roda warna

Salah satu cara termudah untuk mengombinasikan warna cat dinding adalah dengan menggunakan roda warna atau color wheel.

Roda warna atau color wheel

Dilansir dari Domestika, roda warna ini merupakan alat yang sangat membantu untuk menentukan kombinasi warna cat dinding yang pas. Hanya dengan menggunakan roda warna di atas, ada beberapa kombinasi warna yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Monokrom, yaitu berbagai variasi dari warna yang sama. Misalnya kombinasi warna biru tua, biru muda, dan biru pucat.
  • Analogus, yaitu kombinasi warna yang saling bersebelahan di roda warna. Misalnya warna hijau-biru, merah-ungu, dan oranye-kuning.
  • Komplementer, yaitu pasangan warna yang saling berseberangan di roda warna. Misalnya warna biru-oranye, ungu-kuning, dan hijau-merah.

Gunakan formula 60-30-10

Jika Anda ingin mengombinasikan beberapa warna sekaligus dalam satu ruangan, coba gunakan rumus atau formula 60-30-10.

Dikutip dari HGTV, rumus 60-30-10 merujuk pada perbandingan tiap warna yang digunakan pada suatu ruangan. Misalnya, gunakan warna utama sebanyak 60% pada dinding, warna sekunder sebanyak 30% pada furnitur, dan 10% sisanya pada pernak-pernik dan dekorasi ruangan.

Dengan menggunakan rumus ini, kombinasi warna di ruangan tersebut akan terasa seimbang dan terhindar dari kesan ramai.

Baca Juga: BSI (BRIS) Siapkan Aksi Korporasi pada Tahun 2022, Begini Rekomendasi Sahamnya

Gunakan temperatur warna yang sama

Pada dasarnya, setiap warna memiliki suhu atau temperaturnya sendiri. Ada warna yang terkesan hangat, dan ada warna yang terkesan dingin atau sejuk.

Nah, temperatur warna ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan kombinasi warna yang cocok. Menurut Houzz, sebaiknya Anda menggunakan perpaduan warna dengan temperatur yang sama supaya kombinasi warnanya terlihat serasi.

Contohnya, kombinasikan warna hijau dan biru yang sama-sama sejuk. Atau, kombinasikan warna kuning dengan warna coklat yang sama-sama hangat. Jika memungkinkan, Anda bisa menemukan warna biru yang hangat atau warna kuning yang sejuk, lo.

Tambahkan warna netral sebagai penyeimbang

Terakhir, Anda dapat menambahkan warna netral untuk mengimbangi perpaduan warna yang sudah ada di rumah. Warna netral yang digunakan biasanya berkisar pada warna putih atau abu-abu yang cerah.

Jika Anda menggunakan dua warna yang sama-sama intens pada suatu ruangan, kesan yang ditampilkan bisa terasa overwhelming atau berlebihan. Oleh karena itu, tambahkan warna netral di beberapa bagian dinding, misalnya di plafon atau trim ruangan tersebut.

Selanjutnya: Inilah 5 Bahaya Mengonsumsi Kulit Ayam Secara Berlebihan

Editor: Kania Paramahita
Terbaru