Wisata

5 cara melindungi diri dari sinar matahari saat traveling, harus dicoba

Sabtu, 11 Juli 2020 | 05:59 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
5 cara melindungi diri dari sinar matahari saat traveling, harus dicoba

ILUSTRASI. Ini dia lima cara melindungi diri dari sinar matahari berlebihan saat traveling. REUTERS/Gonzalo Fuentes. REUTERS/Gonzalo Fuentes 

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Traveling merupakan aktivitas yang banyak dilakukan di luar ruangan. Hal ini akan membuat Anda terpapar dari sinar matahari, bahkan lebih daripada hari-hari biasanya.

Tubuh yang terpapar sinar matahari berlebihan ditambah lagi aktifnya gerak tubuh saat traveling bisa menimbulkan dampak negatif bagi tubuh misalnya dehidrasi, produksi keringat berlebihan, iritasi kulit dan pusing.

Melansir Boldsky, ada lima cara melindungi diri dari sinar matahari berlebihan saat traveling.

Pertama, gunakan bahan pakaian yang pas. Terlihat gaya saat traveling memang bagus, namun hal tersebut sia-sia jika membuat Anda tidak nyaman. Pakaian yang terbuat dari bahan linen dan katun lebih mudah menyerap keringat dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan rayon atau poliester.

Kedua, jangan gunakan pakaian berwarna gelap. Menggunakan pakaian berwarna gelap saat traveling membuat tubuh merasa lebih panas. Lain halnya jika menggunakan pakaian berwarna terang. Warna ini akan memantulkan cahaya matahari sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

Ketiga, pakai topi. Pelindung diri seperti topi atau payung bisa membantu Anda terhindar dari paparan sinar matahari ketika traveling.

Keempat, gunakan kacamata hitam. Menggunakan kacamata hitam saat traveling bukan hanya membuat Anda terlihat gaya, tapi bisa melindungi mata dari sinar matahari langsung. Dengan menggunakan kacamata hitam, Anda bisa traveling sambil melihat sekeliling dengan nyaman.

Kelima, jangan lupa mandi. Mandi setelah seharian traveling di bawah sinar matahari merupakan hal yang penting. Terbilasnya tubuh dengan air akan menghilangkan kotoran, debu, keringat dan membuat Anda merasa lebih baik.

Baca Juga: Mendengarkan musik di perjalanan ternyata menyehatkan lo, ini alasannya

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru