5 Cara mengajarkan tanggung jawab pada Anak yang mudah dan efektif

Jumat, 31 Juli 2020 | 06:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara mengajarkan tanggung jawab pada Anak yang mudah dan efektif


PARENTING -  Sebagian dari orang tua sering bingung bagaimana cara mengajarkan tanggung jawab pada anak. Banyak yang tidak tahu cara yang efektif untuk menerapkan rasa tanggung jawab.

Tidak jarang orang tua mengajarkan tanggung jawab dengan cara yang kurang tepat. Telat menerapkan hingga membentak menjadi cara mengajarkan tanggung jawab pada anak yang salah. 

Lalu bagaimana cara yang efektif untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak? Berikut 5 hal yang diterapkan saat mengajarkan tanggung jawab pada anak. 

  • Ajarkan tanggung jawab sedini mungkin

Cara mengajarkan tanggung jawab pada anak akan lebih efektif jika lebih awal. Ajarkan rasa tanggung jawab sedini mungkin agar menjadi kebiasaan. 

Baca Juga: 3 kreasi masakan simpel yang bisa Anda buat bersama buah hati

Anak kecil juga lebih mudah mencerna informasi sederhana, sehingga lebih mudah mereka beradaptasi. Terapkan pola belajar tanggung jawab yang sesuai dengan umur buah hati. Jangan sampai Anda memberikan porsi yang terlalu berat dan rumit. 

  • Terapkan tanggung jawab pada hal-hal kecil

Kebiasaan biasanya datang dari hal-hal kecil. Anda tidak bisa memaksakan tanggung jawab yang besar pada anak sekaligus. 

Mengajarkan tanggung jawab pada anak bisa dimulai dari hal sederhana. Mintalah Anak untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur, atau membuang sampah di tempatnya.

Jika anak sudah mulai terbiasa dengan tanggung jawab ini, Anda bisa menambah tugas secara bertahap. 

  • Buat sistem reward dan punishment

Anak sangat suka dengan pujian dan hadiah. Dengan memberikan reward, anak akan termotivasi untuk terus melakukan hal yang sama. 

Jika buah hati sudah melakukan tanggung jawabnya, berikan sedikit reward. Anda bisa memberikan pujian dan pelukan setelah buah hati melakukan tugasnya. Berikan hadiah kecil jika anak bisa menyelesaikan tanggung jawab yang lebih rumit.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru