5 Cara mengusir cicak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Selasa, 10 November 2020 | 08:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengusir cicak yang efektif, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara mengusir cicak adalah dengan memakai kulit telur.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi sebagian orang, keberadaan cicak merupakan salah satu hal yang ingin dihilangkan. Meski tak berbahaya, jenis hewan itu bisa membuat takut dan jijik. Cara mengusir cicak perlu Anda coba, apalagi jika kemunculannya di rumah Anda cukup banyak.

Semprotan Nyamuk

Menggunakan semprotan nyamuk bisa jadi cara mengusir cical yang efektif. Sumber makanan cicak adalah nyamuk. Jadi, saat nyamuk di rumah Anda berkurang, cicak juga akan menghilang.

Mengutip dari 99.co, Anda juga bisa memakai semprotan nyamuk secara langsung pada cicak. Aroma yang keluar dari bahan kimia semprotan nyamuk bisa dimanfaatkan untuk membasmi keberadaan cicak.

Bersihkan tempat yang Lembab

Cicak merupakan salah satu hewan yang suka berkembang biak di tempat yang lembab dan hangat. Salah satu tempat yang digunakan cicak untuk meletakkan telurnya adalah lemari di bawah wastafel. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan lemari secara rutin agar tak ada cicak yang berkembang biak.

Baca Juga: Mengusir kecoa dengan 5 cara ini lebih mudah dan efektif

Supaya lemari di bawah wastafel tetap kering, Anda bisa menggunakan koran bekas. Ganti koran bekas itu secara rutin atau saat sudah basah. Selain itu, perhatikan pula pipa-pipa di rumah Anda yang rusak. Pipa bocor akan mempermudah cicak mendapat asupan air.

Kulit Telur

Cara mengusir cicak selanjutnya yang direkomendasikan 99.co adalah dengan memanfaatkan kulit telur yang tak terpakai. Anda bisa meletakkan kulit telur di atas tisu. Setelah itu, tempatkan di sudut rumah yang sering didatangi cicak. Pastikan kulit telur tersimpan dalam keadaan kering, ya.

Cicak tidak menyukai aroma khas telur yang menyengat. Saat Anda menempatkan kulit telur di beberapa sudut rumah, cicak akan menghindari area tersebut. Namun, buanglah kulit telur keesokan harinya agar tak ada bakteri yang mengganggu kesehatan Anda dan anggota keluarga yang lain.

Baca Juga: 5 Cara mudah menghilangkan noda tinta di baju, tidak usah pakai pemutih!

Bawang Putih

Salah satu bahan alami sebagai cara mengusir cicak adalah bawang putih.

Bahan alami dengan bau khas lain yang tidak disukai cicak adalah bawang putih. Sama seperti kulit telur, Anda bisa menempatkan irisan bawang putih di beberapa sudut rumah. Anda juga bisa meletakkan bawang putih di dekat kipas angin agar aromanya menyebar.

Kapur Barus

Selain beberapa cara di atas, cicak juga bisa diusir menggunakan kapur barus, lo. Usahakan untuk meletakkan kapur barus di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan Anda.

Selanjutnya: 4 Cara mengusir kecoa terbaik yang patut dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru