5 Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik Lebaran

Kamis, 27 April 2023 | 15:48 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik Lebaran

ILUSTRASI. 5 Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik Lebaran. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.


MUDIK LEBARAN - Mudik menjadi budaya tak terpisahkan bagi kebanyakan orang saat Lebaran. Ratusan kilometer rela ditempuh demi mempererat silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. 

Tidak hanya dengan transportasi umum, seperti pesawat, kereta dan kapal laut, masyarakat juga kerap mudik dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

“Sebelum atau setelah perjalanan jauh seperti mudik, kendaraan harus dirawat ekstra agar performa makin optimal. Data internal Tokopedia mencatat, selama periode Ramadan 2023, Otomotif menjadi salah satu kategori yang paling populer," jelas Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra melalui keterangan resmi Tokopedia (27/4/2023).

Baca Juga: Menhub: Hindari Puncak Arus Balik Kedua pada 30 April dan 1 Mei

Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat mempersiapkan kendaraan mereka dalam menghadapi mudik, baik untuk pergi dan pulang,” 

Untuk itu, Tokopedia membagikan sejumlah tips dan cara merawat mobil atau motor setelah digunakan mudik Lebaran 

Baca Juga: 50 Persen Lebih Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta, Hindari Puncak Arus Balik Kedua

Cara merawat mobil atau motor setelah dipakai mudik Lebaran 

Jadi, periksalah tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar terutama setelah jalan jauh seperti mudik LebaranDikutip dari keterangan resmi Tokopedia, berikut adalah cara merawat mobil atau motor setelah dipakai mudik Lebaran:

1. Periksa tekanan ban

Selama mudik, masyarakat biasanya menemukan beragam kondisi jalan. “Kondisi jalan yang kita lalui selama mudik tentu mempengaruhi kondisi ban dan roda kendaraan. Jadi, periksalah tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar terutama setelah jalan jauh seperti mudik Lebaran,” ungkap Leo.

Baca Juga: 4 Tanda-Tanda Harus Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor beserta Frekuensinya

Salah satu penjual di Tokopedia, Ottoban Indonesia, menambahkan tips merawat ban.

“Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi handling, efisiensi bahan bakar dan usia ban. Selain itu, pada cuaca panas, tekanan ban cenderung naik. Lakukan rotasi ban untuk memperpanjang umur pemakaian ban dan menghindari keausan ban yang tidak merata,” kata Head of Retail Development Ottoban Indonesia, Kevin Sulaeman.

Baca Juga: Pantauan Arus Balik di H+4, 50% Lebih Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

2. Periksa rem dan onderdil kendaraan

Sebagai komponen yang menjaga laju dan menopang kondisi kendaraan, rem dan onderdil kendaraan–seperti shockbreaker, per dan tie rod end–patut dicek kondisinya termasuk setelah perjalanan jauh mudik Lebaran. 

Pastikan tidak ada kerusakan signifikan yang dapat mengurangi performa kendaraan.

Baca Juga: Buka Tabungan Bebas Biaya Usai Lebaran, Bisa Dapat Hadiah Ratusan Juta

3. Cek kondisi oli dan periksa kebocoran pada mesin

Mesin yang bekerja terus-menerus selama perjalanan jauh akan berpengaruh terhadap kondisi oli.

Setelah perjalanan jauh dan melewati cuaca panas, gantilah oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan periksa apakah terdapat tanda kebocoran di mesin kendaraan seperti tumpahan oli atau cairan lainnya.

Baca Juga: H+2 Lebaran, Lonjakan Tertinggi Penumpang Angkutan Umum

4. Perhatikan kondisi interior

Selama mudik, sebagian besar waktu kita habiskan di dalam kendaraan, maka kondisi interior mobil–seperti penutup jok dan karpet–juga harus diperhatikan dari kerusakan.

Salah satu penjual di Tokopedia, Trapo Indonesia, membagikan tips untuk menjaga kebersihan interior mobil.

“Karpet mobil bisa menjadi salah satu bagian yang paling kotor di dalam mobil, apabila dibiarkan bisa memicu timbulnya bakteri dan kuman. Maka dari itu, setelah perjalanan jauh, masyarakat harus membersihkan karpet mobil secara menyeluruh. Pastikan interior mobil juga tetap bersih dan nyaman untuk mobilitas selanjutnya,” ujar Marketing Trapo Indonesia, Ossiane.

Baca Juga: Pendapatan Naik di Kuartal I-2023, Simak Prediksi Kinerja BMRI Sepanjang Tahun

5. Lindungi cat kendaraan

Belakangan ini, suhu di Indonesia berkisar 36-37 derajat celcius. Cuaca yang panas ternyata bukan hanya bisa mempengaruhi kondisi tubuh manusia, tetapi juga kendaraan, salah satunya cat mobil atau motor. 

Cat ada di bagian terluar kendaraan dan langsung bersinggungan dengan perubahan suhu, cuaca dan lingkungan di sekitar.

“Untuk menjaga kondisi cat kendaraan agar tetap optimal, lakukan perawatan secara berkala dengan mencuci kendaraan secara menyeluruh. Ini untuk menghilangkan kotoran, debu dan polusi di permukaan kendaraan usai perjalanan jauh mudik Lebaran,” kata Leo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru