5 Cara tepat meminta reschedule interview jika tak bisa hadir saat interview

Kamis, 20 Agustus 2020 | 15:36 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
5 Cara tepat meminta reschedule interview jika tak bisa hadir saat interview

ILUSTRASI. 5 Cara tepat meminta reschedule interview jika berhalangan hadir di proses interview.

KONTAN.CO.ID -  Terkadang kandidat karyawan tidak bisa melakukan interview di jadwal yang ditentukan. Reschedule interview kemudian menjadi pilihan agar tetap bisa mengikuti tahap ini. 

Banyak pencari kerja yang tidak tahu jika wawancara kerja bisa dijadwalkan ulang. Dengan alasan dan cara yang tepat, Anda bisa meminta perubahan jadwal wawancara kerja. 

Baca Juga: Lowongan kerja 2020 Pura Group, buka besar-besaran di banyak posisi

Reschedule interview biasa diajukan melalui email. Tapi Anda juga bisa mengajukannya melalui sambungan langsung. 

Agar reschedule Anda sukses dan tepat, ada kiat-kiatnya. Bersumber dari The Balance Career dan Indeed, berikut cara meminta reschedule interview yang benar. 

  • Segera menghubungi pihak perusahaan

Jika Anda meminta reschedule interview, segera hubungi perusahaan terkait. Sebisa mungkin beritahu perusahaan jauh-jauh hari sebelum jadwal interview. Ini berlaku untuk alasan yang terjadwal seperti jadwal interview bertepatan dengan pernikahan.

Anda juga harus segera menghubungi HR jika kebetulan terjadi musibah yang mendadak. Semisal Anda sakit saat jadwal interview, Anda bisa meminta reschedule interview.

  • Menunjukkan antusiasme saat meminta reschedule interview

Menunjukkan antusiasme saat meminta perubahan jadwal interview bisa membuat HR "melunak". Ini berarti Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan terkait namun terhalang sesuatu. 

HR juga bisa menilai etika Anda dari antusiasme tersebut. Anda perlu menunjukkan antusiasme dengan cara yang baik dan tidak berlebihan. Gunakan kata-kata yang positif dan nada yang bersemangat saat menyampaikan ketertarikan Anda. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru