Edukasi

5 Fakta sistem pendidikan Finlandia yang terkenal terbaik di dunia

Minggu, 25 Oktober 2020 | 12:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Fakta sistem pendidikan Finlandia yang terkenal terbaik di dunia

KONTAN.CO.ID -  Sistem pendidikan di Finlandia disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia. Hal ini tidak lepas dari peran pemerintah dan riset bertahun-tahun. 

Tidak sedikit masyarakat penasaran tentang sistem pendidikan negara ini. Berbeda dengan kebanyakan negara di dunia, sistem pendidikan Finlandia jauh berbeda.

Mengutip dari laman World Economic Forum, sebelum ke sekolah formal, anak-anak di negara ini belajar bagaimana menjadi anak. 

Mereka belajar dengan bermain bersama hingga mengolah emosi. Dari metode inilah alasan mengapa Finlandia memiliki sistem pendidikan yang baik. 

Baca Juga: Kelas Pintar bikin layanan guru untuk bantu siswa di luar jam sekolah

Berikut fakta-fakta tentang sistem pendidikan di Finlandia yang dirangkum KONTAN.co.id dari laman World Economic Forum dan Business Insider:

  • Wajib belajar hanya 9 tahun

Sistem pendidikan di Finlandia hanya mewajibkan 9 tahun belajar. Anak-anak mulai masuk sekolah formal di umur 7 tahun. 

sistem pendidikan di finlandia

Sebelum masuk sekolah formal, anak akan dititipkan di daycare dan TK. Biaya daycare dan TK ditanggung pemerintah alias gratis. 

Sebanyak 43% siswa sekolah menengah atas di Finlandia bersekolah di sekolah vokasi. Rata-rata anak di Finlandia lulus pada umur 16 tahun. Setelahnya, mereka bebas memilih sesuai keinginan mereka.  

Baca Juga: Terus membanggakan bangsa di tengah pandemi, ini 6 prestasi mahasiswa Indonesia

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru