5 Faktor yang Menyebabkan Sofa Jadi Cepat Rusak

Rabu, 21 Desember 2022 | 15:42 WIB   Reporter: Tim KONTAN
5 Faktor yang Menyebabkan Sofa Jadi Cepat Rusak

ILUSTRASI. Kontan - Ruparupa.com Kilas Online


PERALATAN RUMAH TANGGA - Duduk santai di atas sofa memang menyenangkan. Apalagi, tempat duduk satu ini dilengkapi dengan bantalan yang empuk. Pada umumnya, sofa digunakan selama 10-25 tahun, tergantung material dan jenis.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan dudukan sofa jadi tidak empuk dan harus segera diganti. Supaya tidak cepat rusak, hindari beberapa hal berikut ini.

1. Duduk di Sudut yang Sama

Kita pasti memiliki sudut favorit yang selalu diduduki di atas sofa kesayangan. Secara tidak sadar, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan keausan di salah satu sisi sofa dan bisa membuat busanya mengendur.

Jadi, usahakan untuk duduk di seluruh sudut sofa secara bergantian.

2. Tidak Mengubah Posisi Sofa

Mungkin kita jarang mengubah tata letak perabot di rumah, termasuk sofa . Meskipun ukurannya besar dan repot untuk dipindahkan, ternyata kita tetap harus rutin mengubah posisinya.

Hal ini bertujuan untuk mencegah keausan tidak merata. Selain itu, kita juga jadi bisa membersihkan noda di bagian yang sulit dijangkau pada sofa, seperti bagian bawah dan belakang.

3. Sofa Terkena Sinar Matahari Langsung

Pancaran sinar matahari di dalam ruangan bisa menciptakan kesan hangat dan lega. Namun, hindari meletakkan sofa dekat dengan sinar matahari karena  dapat melunturkan warna kainnya. Pastikan sofa diletakkan pada area yang teduh. Bila kamu memiliki jendela besar, gunakan tirai atau gorden di siang hari untuk menghalangi sinar matahari.

4. Tidak Langsung Membersihkan Noda

Cipratan makanan atau minuman yang terkena sofa harus langsung dibersihkan. Bukan tanpa alasan, semakin lama noda menempel pada kain, maka akan semakin susah untuk dibersihkan. Bahkan, noda tersebut bisa menjadi permanen sehingga mengurangi nilai estetika pada sofa.

5. Mendorong Sofa

Apakah kamu pernah memindahkan sofa dengan cara didorong? Bila ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Pastikan untuk selalu mengangkat bagian bawah sofa jika kamu ingin memindahkan posisinya.  Kalau didorong, kamu bisa mengikis bagian kaki sofa, serta dapat merusak permukaan lantai di rumah.

Nah, itu dia lima kebiasaan yang perlu kamu hentikan karena bisa menyebabkan sofa jadi cepat rusak dan tidak tahan lama.

Bila kamu sedang mencari berbagai jenis sofa, seperti sofa bed,sofa recliner, dan sofa sectional, kamu bisa mengunjungi ruparupa.com.

Situs belanja online ini menawarkan perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek  terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru