5 Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh, Catat!

Selasa, 24 Mei 2022 | 04:13 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh, Catat!

ILUSTRASI. Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin K.


KONTAN.CO.ID - Vitamin K adalah salah satu nutrisi yang penting dan berfungsi untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K adalah hal penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian serta melancarkan berbagai fungsi tubuh. 

Pasalnya, jika tubuh kekurangan vitamin K berisiko akan menimbulkan masalah kesehatan. Sebelum, vitamin K sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. 

Kedua jenis vitamin K tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, meski sama-sama menjaga kesehatan tubuh Anda. 

Baca Juga: 6 Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang Loh

Secara umum biasanya vitamin K1 ditemukan dalam makanan tumbuhan hijau seperti sayuran. Sedangkan, vitamin K2 cenderung ditemukan dalam produk hewani. 

Melansir dari Health Guide, berikut beberapa fungsi vitamin K yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Membantu Pertumbuhan Tulang 

Vitamin K salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh enzim yang berfungsi untuk memproduksi protein yang bermanfaat saat proses pertumbuhan tulang. 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa mencukupin asupan vitamin K mampu mencegah tulang keropos dan kesehatan tulang lainnya. 

Mengontrol Tekanan Darah

Vitamin K juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi asupan vitamin K yang cukup baik untuk kesehatan jantung dan direkomendasikan untuk penderita hipertensi. 

Baca Juga: Download Lagu Musik YouTube Gratis dan Mudah Melalui MP3 Juice, Begini Caranya

Meningkatkan Pembekuan Darah

Tak hanya fungsi vitamin K selanjutnya yaitu dapat meningkatkan pembekuan darah. Hal tersebut tentu sangat berguna karena dapat meminimalisir dan mencegah pendarahan hebat.
Oleh karena itu mencukupi asupan vitamin K adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari.

Meningkatkan Kesehatan Kognitif

Umumnya semakin tua, kesehatan kognitif semakin menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, mencukupi asupan vitamin K harian sangat penting untuk dilakukan. 

Pasalnya, dilansir dari Health Guide terdapat penelitian yang menunjukan bahwa orang tua yang tercukupi asupan vitamin K berkaitan dengan kesehatan kognitif yang baik. 

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain itu, vitamin K juga mempunyai fungsi yang dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung atau kardiovaskular. 

Pasalnya, vitamin K dapat mengontrol tekanan darah dan berkaitan dengan proses pengapuran pembuluh darah atau kalsifikasi.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi asupan vitamin K harian Anda agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik sampai hari tua nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru