5 Manfaat Mengkonsumsi Pare Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Senin, 16 Mei 2022 | 10:47 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Mengkonsumsi Pare Untuk Kesehatan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Manfaat mengkonsumsi pare untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi pare dipercaya dapat memberikan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan meski mempunyai rasa yang pahit. 

Pare dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang mempunyai rasa yang pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, pare menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak heran pare kerap dijadikan berbagai jenis bahan ramuan obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan. 

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2566 BE, Cek Lagi Daftar Hari Libur Naisional Bulan Mei 2022

Salah satu manfaat mengkonsumsi pare adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Manfaat tersebut berasal dari kandungan berbagai nutrisi dalam pare. 

Selain itu, pare juga merupayan salah satu sayuran yang sangat cocok dikonsumsi saat diet. Pasalnya, pare dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan nutrisi dalam pare tersebut di antaranya seperti vitamin C, natrium, kalium, protein, magnesium dan masih banyak lagi. 

Melansir dari TCM Health Care, berikut beberapa manfaat pare yang perlu Anda ketahui: 

Menurunkan Kolesterol 

Seperti yang sudah dikatakan di atas, pare mempunyai manfaat yang dapat menurunkan ladar kolesterol jahat. Pasalnya, terdapat kandungan dalam pare yang mampu mengontrol kolesterol, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke hingga serangan jantung. 

Meningkatkan Imunitas 

Selain menurunkan kolesterol, pare juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan pare mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Demam dengan Cepat, Coba Lakukan 6 Hal Ini

Menjaga Kesehatan Kulit

Pare juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit loh. Selain dapat mengatasi masalah kulit, mengkonsumsi pare bisa membersihkan pembuluh darah yang mana akan berdampak membuat kulit tampak lebih cerah dan kesehatan kulit terjaga baik diluar maupun dalam. 

Mencegah Kanker

Sayuran yang mempunyai rasa pahit ini juga mempunyai manfaat yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Pasalnya, pare mengandung senyawa antikanker sehingga dapat mencegah dan memperlambat tumbuhnya sel-sela kanker. 

Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan, pare bisa dijadikan salah satu makanan. Pare termasuk sayuran yang mempunyai kadar kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk diet. Selain itu, mengkonsumsi pare juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang dan tahan lapar sedikit lebih lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru